Putra, Ichsan Ananda (2022) PENGEMBANGAN USAHA SOUVENIR “THEBEMBEB” BAHAN BAKU RESIN DI KOTA PANGKALPINANG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (806kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text (BAB II - VIII)
BAB II - VIII.pdf Restricted to Registered users only Download (936kB) |
|
Text (BAB IX)
BAB IX.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
Abstract
ABSTRAK Indonesia merupakan negara kepulauan yang terkenal dengan berbagai tempat indah untuk dikunjungi baik yang sudah terkenal maupun tempat yang belum terjamah oleh manusia. Salah satu Kepulauan yang memiliki tempat wisata yang indah yaitu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Provinsi Kep. Babel memiliki tempat wisata baru mulai dari pantai, air terjun, sungai maupun wisata alam lainnya yang memberikan dampak positif bagi masyarakat maupun pemerintah daerahnya. Melihat dari geliat bidang pariwisata yang berkembang saat ini, bidang pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang gencar dikembangkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah Pusat. Pemerintah dan masyarakat bersinergi untuk memajukan sektor pariwisata yang dapat memberikan peluang untuk menopang pendapatan daerah sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh kehidupan masyarakat ke taraf yang lebih baik. Munculnya tempat wisata baru dengan konsep yang unik membuat gairah pariwisata sangat menjanjikan untuk dikembangkan lebih baik lagi. Pariwisata juga merupakan komoditi modern seperti sekarang ini membuka banyak peluang usaha baru yang dapat menunjang pendapatan bagi suatu daerah khususnya masyarakat dengan adanya lapangan pekerjaan dan peluang usaha baru bagi masyarakat. Peluang usaha pariwisata yang meliputi kuliner dan souvenir merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam menunjang sektor pariwisata. Apabila semua elemen masyarakat bersinergi dalam hal perkembangan sektor wisata bukan tidak mungkin sektor pariwisata menjadi tulang punggung penopang ekonomi daerah maupun nasional. Dengan meningkatnya sektor bidang pariwisata, maka hadirnya souvenir “thebembeb” diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar dan menjalin kerja sama dengan tempat - tempat wisata, outlet, dan juga even organizer (EO). Produk souvenir dapat menjadi buah tangan sebagai kenang-kenangan yang akan diingat oleh konsumen atas pengalaman mereka dalam berwisata baik dalam bentuk souvenir, kerajinan tangan, lukisan wajah dan lainnya. Strategi pemasaran souvenir “thebembeb” melalui offline dan online. Untuk offline dengan bekerja sama dengan pelaku UMKM seperti tempat – tempat wisata, vape store, even planner dan outlet souvenir. Sedangkan untuk pemasaran online souvenir “thebembeb” memasarkan produk melalui market place seperti shopee, tokopedia dan sejenisnya juga melalui media sosial pribadi souvenir “thebembeb” Target pasar souvenir “thebembeb” dari konsumen umur 10 - 40 tahun. Mulai dari kalangan anak- anak, remaja, dewasa hingga ke masyarakat pencinta koleksi barang unik. Untuk anak – anak produk yang dihasilkan seperti gantungan kunci, dan gantungan tas. Untuk remaja dan dewasa produk yang dihasilkan seperti aksesoris backdoor vape, lukisan glitter. Kemudian untuk masyarakat luas khususnya pencinta koleksi barang unik seperti aksesoris rumah tangga berupa vas bunga, bingkai foto, asbak rokok serta pelouncingan terbaru (tahap perencanaan) yaitu meja modern baik meja makan, meja tamu ataupun meja kerja yang dipadukan dari bahan kayu serta resin menambah kesan elegan meja modern. Tujuan rencana pengembangan souvenir “thebembeb” bukan hanya untuk menjual produk tetapi memberikan manfaat bagi masyarakat dengan adanya ketersediaan lapangan pekerjaan serta memberikan peluang bagi mitra bisnis seperti UMKM sehingga dapat meningkatkan penjualan serta membangun hubungan relasi yang harmonis. Disisi lain dengan adanya souvenir “thebembeb” diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadapat menopang pendapatan daerah terutama pendapatan masyarakat dari kalangan ekonomi menengah ke bawah.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan, Souvenir, BMC dan Kewirausahaan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 06:43 | ||
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:39 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/324 |
Actions (login required)
View Item |