Kurniawan, Muhammad Rizky (2025) PEMBUATAN GAME EDUKASI “HORIZONS OF KNOWLEDGE” PADA MATERI TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VI DI SDN SLEMAN 1. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (161kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (82kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.3846.zip Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
Abstract
Proses pembelajaran pada materi tata surya di SD Negeri Sleman 1 menunjukkan kurangnya motivasi dan pemahaman siswa kelas VI, yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran konvensional seperti papan tulis dan buku. Media tersebut dianggap kurang menarik dan sulit memvisualisasikan konsep tata surya secara efektif. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan sebuah game edukasi interaktif berjudul "Horizons of Knowledge" menggunakan platform RPG Maker MV, yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi tata surya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Game Development life cycle (GDLC) yang terdiri dari tahap inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, hingga rilis. Game ini dirancang berbasis RPG (Role Playing Game) dan dapat dijalankan di perangkat Android maupun Windows. Fitur game mencakup sistem dungeon dengan tantangan soal, visualisasi planet dalam bentuk grafis interaktif, serta evaluasi belajar melalui pre-test dan post-test. Penelitian ini juga melibatkan wawancara, observasi, dan uji coba langsung pada siswa dan guru kelas VI di SDN Sleman 1. Hasil pengujian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan game edukasi ini. Evaluasi dari ahli materi dan ahli game juga menyatakan bahwa media ini layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Dengan demikian, Horizons of Knowledge dapat menjadi alternatif media pembelajaran interaktif yang efektif, serta berkontribusi dalam pengembangan inovasi pembelajaran berbasis teknologi di lingkungan sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Tata Surya, RPG Maker MV, GDLC, Siswa Sekolah Dasar | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 02:30 | ||
| Last Modified: | 21 Nov 2025 02:30 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

