Khosyi, Rifqi Faalih (2025) PEMBUATAN GAME “RPG MATH” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN RUANG UNTUK KELAS VI SDN SLEMAN 1. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (151kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (59kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.3824.zip Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
Abstract
Proses pembelajaran mengenai bangun ruang di kelas VI SD Negeri Sleman 1 menghadapi kendala berupa rendahnya motivasi dan tingkat pemahaman siswa. Akar masalahnya terletak pada penggunaan media pembelajaran konvensional seperti papan tulis dan buku, serta memanfaatkan barang disekitar jika ada yang dianggap monoton dan tidak mampu memvisualisasikan konsep tentang bangun ruang secara menarik. Untuk mengatasi tantangan ini, sebuah inovasi berupa game edukasi interaktif berjudul "RPG Math" dikembangkan sebagai solusi untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa secara efektif. Pengembangan game ini menggunakan platform RPG Maker MV dan mengikuti kerangka kerja Game Development Life Cycle (GDLC) yang terstruktur, mulai dari tahap inisiasi hingga rilis. Game bergenre Role Playing Game (RPG) ini dirancang agar dapat dioperasikan pada perangkat Android dan Windows, sehingga lebih fleksibel. Di dalamnya, terdapat fitur-fitur edukatif seperti sistem dungeon yang menantang siswa dengan soal-soal, visualisasi soal bangun ruang yang interaktif, serta evaluasi belajar melalui mekanisme pre-test dan post-test. Data untuk pengembangan dan evaluasi diperoleh melalui wawancara, observasi, dan uji coba langsung dengan siswa serta guru. Hasil pengujian akhir menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada pemahaman siswa setelah menggunakan game "RPG Math". Selain itu, evaluasi dari ahli materi dan ahli game memberikan validasi bahwa media ini sangat layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Kesimpulannya, game edukasi ini berhasil membuktikan sebagai alternatif media pembelajaran interaktif yang tidak hanya efektif, tetapi juga menjadi contoh kontribusi positif dalam pengembangan inovasi pembelajaran berbasis teknologi di lingkungan sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, RPG Maker MV, Bangun Ruang, RPG, GDLC, Siswa Sekolah Dasar | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 02:07 | ||
| Last Modified: | 21 Nov 2025 02:07 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

