IMPLEMENTASI ANIMASI 2D PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PENGENALAN ABJAD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SD NEGERI 2 PADAS SEBUT

Putra, Novandi Juan (2025) IMPLEMENTASI ANIMASI 2D PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PENGENALAN ABJAD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SD NEGERI 2 PADAS SEBUT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (884kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2920.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pengenalan abjad berbasis Augmented Reality (AR) dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Aplikasi yang dirancang berbasis Android ini menampilkan huruf A–Z dalam bentuk animasi 2D melalui bantuan AR marker, dengan antarmuka ramah anak, navigasi sederhana, serta dapat dijalankan secara offline di berbagai perangkat. Proses pengujian melibatkan guru melalui kuesioner berbasis skala Likert untuk menilai aspek fungsional dan non-fungsional, serta siswa melalui pre-test dan post-test guna mengukur peningkatan pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi memperoleh respon sangat baik dari guru, terutama dalam hal kemudahan penggunaan, kejelasan tampilan, serta kinerja aplikasi, sementara siswa mengalami peningkatan signifikan dalam mengenal huruf abjad setelah menggunakan aplikasi, yang terlihat dari perbedaan nilai pre-test dan post-test. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam menyediakan media pembelajaran interaktif yang efektif digunakan di sekolah dasar, sekaligus menjadi sarana pendukung bagi guru dalam proses belajar mengajar. Untuk pengembangan selanjutnya, aplikasi ini dapat diperluas dengan menambahkan konten pengenalan kata, angka, maupun cerita interaktif sehingga semakin memperkaya pengalaman belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Animasi 2D, Abjad, Media Pembelajaran, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Nov 2025 04:10
Last Modified: 20 Nov 2025 04:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31285

Actions (login required)

View Item View Item