PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE UNTUK MENAMBAH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA MENENGAH ATAS

Abunawas, Tri Agung S (2025) PERANCANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE UNTUK MENAMBAH MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK SISWA MENENGAH ATAS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.11.2768.zip
Restricted to Repository staff only

Download (64MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)

Abstract

Dalam pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran biologi, tujuan utamanya adalah menciptakan pengalaman belajar yang lebih inovasi dan menarik bagi siswa. Teknologi multimedia memungkinkan penyampaian materi biologi dalam format yang lebih menarik melibatkan siswa secara interaktif dan memfasilitasi eksplorasi yang lebih mendalam tentang konsep-konsep yang penting dalam biologi. Objek penelitian pada penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis website, digunakan metode Research And Development (R&D). Model pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), yang berperan sebagai panduan dalam merancang pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa web media pembelajaran dapat dinyatakan praktis melalui perhitungan dengan sebanyak 22 siswa memiliki frekuensi praktis (61,1%) dari kuesioner yang disebarkan yang didasarkan pada frekuensi tabel kepraktisan. Dari hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran interaktif berhasil dibuat sesuai dengan standar media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran berbasis website juga berhasil memperoleh nilai kepraktisan sebanyak 22 siswa (61,1%) dinyatakan praktis yang didasarkan pada tabel kepraktisan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Masruro, Ahlihi
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, R&D, ADDIE, Web, Biologi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Nov 2025 02:32
Last Modified: 20 Nov 2025 02:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31280

Actions (login required)

View Item View Item