PERANCANGAN FILM KARTUN 2D “KAPUSAN” DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME

Ramadhan, Yanuar (2025) PERANCANGAN FILM KARTUN 2D “KAPUSAN” DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2544.zip
Restricted to Repository staff only

Download (164MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Saat ini Animasi 2D cukup diminati oleh berbagai kalangan dari muda hingga tua, salah satunya adalah Film kartun 2D yang banyak digunakan sebagai media hiburan untuk menyegarkan pikiran atau hanya sekedar mengisi waktu luang. Di era sekarang animasi 2D juga dimanfaatkan sebagai media iklan untuk menarik perhatian pelanggan dengan produk yang ditawarkan. Selain itu, animasi 2D saat ini juga digunakan sebagai salah satu media edukasi untuk mendidik anak-anak untuk belajar mengenai berbagai hal. Di dalam proses pembuatan film kartun 2D terdapat berbagai teknik salah satunya adalah frame by frame. Teknik frame by frame adalah teknik menggambar atau menggerakan gambar per frame agar gerakan yang dihasilkan pada animasi 2D terlihat lebih halus. Film kartun 2D “Kapusan” dengan teknik frame by frame bertujuan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dan bercerita tentang seorang anak-anak yang sering tertipu oleh teman-temannya. Dalam proses pembuatan Film kartun 2D “Kapusan” menggunakan teknik frame by frame software yang digunakan adalah software Adobe photoshop, After effect dan Adobe animate/Flash yang digunakan untuk mempermudah membuat berbagai teknik animasi 2D dan efek visual.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nasiri, Asro
Uncontrolled Keywords: Film, Animasi, 2D, Kartun
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Nov 2025 02:09
Last Modified: 20 Nov 2025 02:09
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31277

Actions (login required)

View Item View Item