PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL

Nugroho, Kus Duwi (2025) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.1858.zip
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)

Abstract

Berkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini juga berdampak pada bergesernya budaya tradisional, sehingga budaya tradisional terancam terlupakan oleh generani muda. Salah satu budaya tradisional yaitu alat musik tradisional, namun pembelajaran alat musik tradisional sering dianggap membosankan dan kurang diminati oleh siswa. Terbatasnya media pembelajaran juga menjadi salah satu faktor kurangnya pengetahuan siswa tentang alat musik tradisional, media belajar yang digunakan masih sebatas buku ajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membuat suatu media pembelajaran berupa program aplikasi yang dapat membantu dalam mengenal alat musik tradisional Jawa khususnya gamelan jawa untuk siswa sekolah dasar. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD N 2 Kebondalem Lor Prambanan Klaten yang berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan total presentase yang didapatkan dari hasil kuesioner, yaitu sebesar 84.375% yang artinya sangat baik sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi pemanfaatan augmented reality untuk pengenalan alat musik tradisional sangat efisien untuk dijadikan sebagai media belajar tambahan bagi siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran,Alat Musik Tradisional, Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Nov 2025 04:54
Last Modified: 19 Nov 2025 04:54
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31252

Actions (login required)

View Item View Item