IMPLEMENTASI TEKNIK ANIMASI 2D DALAM VISUALISASI CERITA PERJALANAN JARAK JAUH MAHASISWA DARI RUMAH KE KAMPUS

Jaelany, Rizki Mohamad (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK ANIMASI 2D DALAM VISUALISASI CERITA PERJALANAN JARAK JAUH MAHASISWA DARI RUMAH KE KAMPUS. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4801.zip
Restricted to Repository staff only

Download (125MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Perjalanan menuju kampus seringkali menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mahasiswa, namun menempuh jarak yang signifikan seperti 46 kilometer setiap hari menghadirkan tantangan tersendiri. Fenomena yang dialami oleh tidak sedikit mahasiswa, meliputi perjuangan melawan waktu, kondisi lalu lintas, dan berbagai dinamika lain di perjalanan. Media animasi 2D menawarkan potensi besar untuk memvisualisasikan narasi personal ini secara menarik dan ekspresif, menjadikannya efektif untuk menyampaikan cerita dan emosi. Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang dan memproduksi sebuah film animasi 2D yang mengangkat cerita perjalanan seorang mahasiswa dari rumah menuju kampusnya yang berjarak 46 kilometer. Fokus utama adalah menggambarkan berbagai aspek perjalanan tersebut, mulai dari persiapan di pagi hari, lalu menikmati perjalanan, terakhir saat tiba di kampus. Proses pembuatan animasi ini menerapkan prinsip-prinsip dasar animasi 2D, meliputi tahap pra-produksi (pengembangan konsep, penulisan naskah, pembuatan storyboard, desain karakter dan latar), produksi (pembuatan aset digital, penganimasian frame-by-frame, pewarnaan), dan pasca-produksi (penyuntingan video, penambahan efek suara, musik latar, dan rendering akhir). Perangkat lunak Clip Studio Paint digunakan sebagai alat utama dalam proses produksi. Hasil dari Tugas Akhir ini adalah sebuah karya film animasi 2D berdurasi 1-3 menit yang secara visual menceritakan sekuens perjalanan mahasiswa tersebut. Karya animasi ini diharapkan tidak hanya berhasil memvisualisasikan rutinitas perjalanan jauh seorang mahasiswa, tetapi juga mampu menggugah empati penonton mengenai dedikasi dalam menuntut ilmu.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Indriyatmoko, Toto
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Produksi Animasi, Visualisasi, Perjalanan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:31
Last Modified: 19 Nov 2025 02:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31234

Actions (login required)

View Item View Item