PENGEMBANGAN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI SIBAKUL JOGJA, STUDI KASUS : IMPLEMENTASI UI/UX UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA

Al-Fiqri, Raihan Indra (2025) PENGEMBANGAN DESAIN ANTARMUKA PENGGUNA APLIKASI SIBAKUL JOGJA, STUDI KASUS : IMPLEMENTASI UI/UX UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.01.4687.zip
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperbaiki desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada aplikasi SiBakul Jogja yang dikelola oleh Dinas Koperasi dan UMKM DIY. Aplikasi ini berperan sebagai alat digital untuk pelaku UMKM dalam mempromosikan dan menjual produk mereka, tetapi terdapat beberapa masalah seperti kesulitan dalam masuk, navigasi yang kurang jelas, dan fitur pencarian yang tidak efisien. Melalui pendekatan Design Thinking yang mencakup tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing, peneliti melakukan pengamatan menggunakan kuesioner guna menemukan kebutuhan dan titik masalah pengguna. Proses pengembangan menghasilkan prototipe yang didasarkan pada Figma, baik dalam bentuk low fidelity maupun high fidelity, dan diuji dengan metode Black Box dan Maze Testing. Hasil uji menunjukkan semua fitur utama berfungsi dengan baik, tetapi ada tingkat misclick yang tinggi pada fitur pendaftaran yang menunjukkan bahwa navigasi perlu diperbaiki. Penelitian ini berhasil menghasilkan desain antarmuka yang lebih efektif, user-friendly, dan memenuhi kebutuhan pengguna, serta memberikan sumbangan dalam peningkatan layanan digital untuk UMKM. Hasil ini diharapkan dapat digunakan oleh pengembang aplikasi pemerintah dan UMKM lainnya dalam menyediakan solusi yang berfokus pada pengguna berbasis teknologi.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Indriyatmoko, Toto
Uncontrolled Keywords: UMKM, UIUX, Sibakul, Desain Thinking, Usability Testing
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 06:34
Last Modified: 18 Nov 2025 06:34
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31199

Actions (login required)

View Item View Item