Pratiwi, Dinda Dyah Ayu Putri (2025) PENGARUH PENGGUNAAN ANIMASI 2D INTERAKTIF PADA MEDIA PEMBELAJARAN SAINS UNTUK SISWA KELAS V. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (610kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (205kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (82kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4945.zip Restricted to Repository staff only Download (63MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
Abstract
Pembelajaran mata pelajaran sains pada siswa kelas V sering mengalami kendala berupa rendahnya minat belajar dan kesulitan dalam memahami konsepkonsep yang bersifat abstrak. Kondisi ini berpengaruh pada hasil belajar yang kurang optimal serta minimnya partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa secara efektif. Sebagai solusi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan Media Pembelajaran Sains Untuk Siswa Kelas V yang dirancang untuk memvisualisasi materi-materi sains kelas V dengan pendekatan yang komunikatif dan menyenangkan. Penelitian ini menerapkan metode pengembangan media pembelajaran berbasis animasi 2D interaktif dengan menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang mencakup tahap konseptualisasi, desain, pengumpulan bahan, perakitan, pengujian, dan distribusi. Efektivitas media diuji melalui pre-test dan post-test untuk melihat peningkatan pemahaman siswa, serta angket respon guna mengukur motivasi dan kepuasan siswa terhadap media yang dibuat. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan animasi 2D interaktif sebagai media pembelajaran sains pada kelas V serta dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep serta minat belajar siswa kelas V. Hal ini terlihat dari skor siswa menunjukan minat dan antusianisme yang tinggi saat menggunakan media ini, dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa antara post-test dengan pre-test bahwa siswa lebih mudah memahami. Media ini memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan mudah dipahami, sehingga dapat digunakan oleh guru dan lembaga pendidikan dasar sebagai alternatif media pembelajaran. Penelitian ini juga menyarankan pengembangan lebih lanjut dengan menambahkan fitur interaktif yang lebih canggih dan penerapan pada mata pelajaran lain untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran secara keseluruhan.
| Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Media Pembelajaran, Sains, Interaktif, Siswa Kelas V | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 04:27 | ||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 04:27 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

