Aziz, Rizki Abdul (2025) PEMBUATAN ANIMASI TENTANG EDUKASI BAHAYA PENGGUNAAN GADGET BAGI ANAK ANAK DI BAWAH UMUR MENGGUNAKAN TEHNIK MOTION GRAFIK. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (739kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (234kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4940.zip Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
Abstract
Peningkatan penggunaan gadget pada anak-anak di bawah umur menjadi isu penting dalam perkembangan anak di era digital. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan fisik, perkembangan kognitif, dan perilaku sosial anak. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2023, lebih dari 50% anak usia 5–12 tahun telah aktif menggunakan perangkat digital dengan durasi rata-rata lebih dari tiga jam per hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media edukatif berupa animasi 2D berdurasi dua menit yang mengedukasi anak-anak dan orang tua tentang bahaya penggunaan gadget secara berlebihan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Data diperoleh melalui studi literatur, wawancara dengan narasumber, dan uji coba terhadap kelompok sasaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa animasi yang dihasilkan mampu meningkatkan pemahaman audiens terhadap pentingnya membatasi penggunaan gadget dan mendorong alternatif kegiatan yang lebih positif. Dengan demikian, animasi 2D ini diharapkan menjadi sarana edukasi yang efektif, menarik, dan komunikatif dalam mendukung literasi digital sejak usia dini.
| Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Edukasi, Anak-Anak, Gadget, MDLC | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 04:16 | ||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 04:16 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

