PEMBUATAN ANIMASI TENTANG EDUKASI BAHAYA PENGGUNAAN GADGET BAGI ANAK ANAK DI BAWAH UMUR MENGGUNAKAN TEHNIK MOTION GRAFIK

Aziz, Rizki Abdul (2025) PEMBUATAN ANIMASI TENTANG EDUKASI BAHAYA PENGGUNAAN GADGET BAGI ANAK ANAK DI BAWAH UMUR MENGGUNAKAN TEHNIK MOTION GRAFIK. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (739kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4940.zip
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)

Abstract

Peningkatan penggunaan gadget pada anak-anak di bawah umur menjadi isu penting dalam perkembangan anak di era digital. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan fisik, perkembangan kognitif, dan perilaku sosial anak. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2023, lebih dari 50% anak usia 5–12 tahun telah aktif menggunakan perangkat digital dengan durasi rata-rata lebih dari tiga jam per hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media edukatif berupa animasi 2D berdurasi dua menit yang mengedukasi anak-anak dan orang tua tentang bahaya penggunaan gadget secara berlebihan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Data diperoleh melalui studi literatur, wawancara dengan narasumber, dan uji coba terhadap kelompok sasaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa animasi yang dihasilkan mampu meningkatkan pemahaman audiens terhadap pentingnya membatasi penggunaan gadget dan mendorong alternatif kegiatan yang lebih positif. Dengan demikian, animasi 2D ini diharapkan menjadi sarana edukasi yang efektif, menarik, dan komunikatif dalam mendukung literasi digital sejak usia dini.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Puspitasari, Nila Feby
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Edukasi, Anak-Anak, Gadget, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 04:16
Last Modified: 18 Nov 2025 04:16
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31175

Actions (login required)

View Item View Item