PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D EDUKATIF UNTUK MENANAMKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG URGENSI PRODUK DALAM NEGERI MENGHADAPI HEGEMONI BARANG IMPOR

Pamungkas, Caesario Sectio Adi (2025) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D EDUKATIF UNTUK MENANAMKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG URGENSI PRODUK DALAM NEGERI MENGHADAPI HEGEMONI BARANG IMPOR. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (976kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4883.zip
Restricted to Repository staff only

Download (163MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dominasi impor, terutama dari Tiongkok, menjadi tantangan serius bagi pasar domestik Indonesia pada periode 2020-2025. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pangsa pasar barang impor Tiongkok terus meningkat, mencapai 35,52% pada Januari 2025, yang dapat mengancam daya saing produk lokal. Fenomena ini memperburuk ketergantungan terhadap barang impor dan menghambat perkembangan industri dalam negeri, serta menyebabkan kesulitan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal untuk bersaing, bahkan hingga penutupan usaha, karena barang impor seringkali lebih murah dan bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan film animasi 2D edukatif sebagai media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mendukung produk lokal dalam menghadapi hegemoni barang impor. Film ini dibuat menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan teknik rigging cut-out untuk memastikan proses produksi yang efisien dan efektif. Proses pengembangan mencakup tahap konsep, desain, produksi, pengujian, dan distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi ini berhasil menyampaikan pesan edukasi dengan cara yang menarik dan informatif. Mayoritas responden menilai film ini efektif dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang dampak dominasi barang impor terhadap ekonomi Indonesia dan pentingnya mendukung produk lokal. Dengan demikian, film ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kesadaran masyarakat dan mendukung program "Bangga Buatan Indonesia."

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Ramadhani, Surya Tri Atmaja
Uncontrolled Keywords: Barang Impor, Edukasi Masyarakat, Film Animasi 2D, MDLC, Produk Lokal, Rigging Cut-Out, UMKM
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 02:24
Last Modified: 18 Nov 2025 02:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31145

Actions (login required)

View Item View Item