PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MARKER-BASED BERBASIS PLATFORM ANDROID UNTUK IDENTIFIKASI UNIT KENDARAAN PADA PT CIPTA KRIDA BAHARI SAMARINDA

De Waskito, Pavel Yusuf (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY MARKER-BASED BERBASIS PLATFORM ANDROID UNTUK IDENTIFIKASI UNIT KENDARAAN PADA PT CIPTA KRIDA BAHARI SAMARINDA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (751kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2077.zip
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Identifikasi unit kendaraan yang cepat dan akurat menjadi kebutuhan penting dalam operasional logistik, terutama pada PT Cipta Krida Bahari Samarinda. Proses identifikasi yang masih dilakukan secara manual dapat menyebabkan ketidakefisienan dan potensi kesalahan pencatatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality berbasis marker pada platform Android guna mempermudah proses identifikasi kendaraan secara realtime. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Unity dan teknologi Vuforia, Vuforia digunakan untuk menerapkan metode marker-based tracking dengan image target, di mana gambar yang telah ditentukan akan dipindai oleh kamera perangkat Android untuk menampilkan informasi kendaraan secara real-time melalui antarmuka Augmented Reality. Proses pengembangan aplikasi ini diawali dengan wawancara terhadap pihak terkait untuk menganalisis kebutuhan sistem dan diakhiri dengan evaluasi pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox testing dan pengujian pengguna. Black box testing dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi sudah layak dan berfungsi sesuai semestinya atau tidak. lalu kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data dari pengujian pengguna untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna serta efektivitas aplikasi. Implementasi aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional PT Cipta Krida Bahari Samarinda dengan mengurangi kesalahan identifikasi dan mempercepat proses logistik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nuraminudin, M.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Marker Based, Android, Software, Waterfall
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Nov 2025 06:15
Last Modified: 13 Nov 2025 06:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30987

Actions (login required)

View Item View Item