PENGEMBANGAN BISNIS PRODUK TOFUTOFU WALIK INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI PASAR MAKANAN RINGAN

Oktriasari, Fitri (2025) PENGEMBANGAN BISNIS PRODUK TOFUTOFU WALIK INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI PASAR MAKANAN RINGAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (888kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

Tofutofu Walik ini berfokus pada pengembangan [bisnis] produk inovatif untuk meningkatkan daya saing di pasar makanan ringan. Hasil riset bertujuan untuk mengembangkan produk Tofutofu Walik secara inovatif guna meningkatkan daya saing di pasar makanan ringan dengan menerapkan konsep Business Model Canvas (BMC) dan analisis Matriks SWOT. Pengembangan dilakukan dengan menciptakan inovasi produk berupa Tofutofu Walik dalam bentuk frozen food yang praktis, higienis, dan memiliki masa simpan lebih lama, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Matriks SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan produk, serta BMC untuk memetakan elemen-elemen model bisnis yang mendukung keberhasilan inovasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Tofutofu Walik memiliki peluang pasar yang baik, dengan respon positif dari konsumen sebesar 100% menyukai makanan yang berbahan dasar tahu. Analisis SWOT menghasilkan strategi pengembangan yang memaksimalkan kekuatan dan peluang, serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. Tujuan Pengembangan Produk Tofutofu Walik ini untuk menciptakan inovasi produk yang berdaya saing tinggi di pasar makanan ringan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurhayanto, Nurhayanto
Uncontrolled Keywords: Daya Saing Produk, Tofutofu Walik, Makanan Beku, BMC, Matriks SWOT, Strategi Pengembangan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Nov 2025 02:30
Last Modified: 07 Nov 2025 02:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30939

Actions (login required)

View Item View Item