Fatah, Abdul (2025) {JALUR MAGANG} PERANCANGAN UI/UX PADA PLATFORM LAUNCHINPAD SEBAGAI SARANA INOVASI PROYEK MAHASISWA UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (110kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (77kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4327.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam era digital, mahasiswa membutuhkan platform kolaboratif untuk mendukung pengembangan proyek inovatif di luar lingkungan akademis formal. Sayangnya, belum banyak platform yang menyediakan layanan komprehensif untuk memenuhi kebutuhan ini. Launchinpad hadir sebagai solusi dengan menyediakan sarana bagi mahasiswa untuk berbagi ide, membangun tim, dan mengikuti program akselerasi. Namun, beberapa tantangan dalam pengalaman pengguna (user experience) dan desain antarmuka pengguna (user interface) mempengaruhi keterlibatan mahasiswa dalam platform ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang UI/UX Launchinpad agar lebih intuitif dan fungsional, sehingga mampu meningkatkan kepuasan dan keterlibatan pengguna. Metode penelitian yang digunakan meliputi tahap survei kebutuhan pengguna, dan analisis data. Fokus pengembangan diarahkan pada fiturfitur utama seperti fitur Challenges, dan fitur Projects yang semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mendukung tujuan kolaboratif platform. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain ulang UI/UX Launchinpad mampu meningkatkan efisiensi navigasi dan kepuasan pengguna, terutama pada fitur Challenges dan Ignition yang menjadi pusat aktivitas kolaboratif mahasiswa. Antarmuka yang lebih intuitif dan alur penggunaan yang lebih terstruktur memberikan kemudahan dalam eksplorasi fitur, sehingga meningkatkan keterlibatan pengguna secara keseluruhan. Launchinpad menjadi lebih adaptif terhadap kebutuhan mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta dalam mengembangkan ide dan mewujudkan proyek inovatif secara kolaboratif. Selain itu, platform ini berpotensi dimanfaatkan oleh dosen sebagai alat pemantauan progres proyek dan oleh institusi sebagai sarana pendukung pengembangan kewirausahaan digital berbasis kampus. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengevaluasi keterlibatan pengguna dalam jangka panjang, mengkaji efektivitas elemen gamifikasi dalam meningkatkan partisipasi, serta menguji potensi integrasi Launchinpad dengan sistem akademik atau platform kolaboratif lainnya guna memperluas fungsionalitas dan dampak penggunaannya.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | UI/UX, Launchinpad, Inovasi Proyek, Mahasiswa, Kolaborasi | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 04:04 | ||
| Last Modified: | 05 Nov 2025 04:06 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

