KETERGANTUNGAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR EKONOMI PAKISTAN TERHADAP BELT AND ROAD INITIATIVE TIONGKOK

Indriyanti, Adellia (2025) KETERGANTUNGAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR EKONOMI PAKISTAN TERHADAP BELT AND ROAD INITIATIVE TIONGKOK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketergantungan pembangunainfrastruktur ekonomi Pakistan terhadap inisiatif Belt and Road Initiative (BRdengan fokus utama pada proyek China-Pakistan Economic Corridor (CPEC).Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studkasus dan metode analisis interpretative kualitatif. Data yang diperoleh melastudi pustaka dari berbagai jurnal akademik, laporan resmi, dan sumber dasekunder lainnya. Penelitian ini mengacu pada teori ketergantungan oleh AndrGunder Frank dan konsep pembangunan semu dari Arief Budiman untukmengungkap dimensi ketergantungan struktural Pakistan dalam tiga aspek utamafinansial, teknologi, dan kebijakan. Hasil penelitian menunjukan bahwaketerlibatan Pakistan dalam proyek CPEC telah menciptakan ketergantungan yasignifikan terhadap Tiongkok melalui utang luar negeri, dominasi teknologin asing,serta arah kebijakan pembangunan yang selaras dengan kepentingan geopoliTiongkok.Temuan ini menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur yang terbukanlah bentuk kemandirian ekonomi, melainkan reproduksi ketimpangan globalyang memperkuat posisi subordinat Pakistan dalam sistem kapitalisme dunia. Olekarena itu, penelitian ini merekomendasikan pentingnya reposisi strapembangunan yang lebih mandiri dan berkelanjutan guna menghindari jebaketergantungan jangka panjang.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Suharman, Yoga
Uncontrolled Keywords: Belt and Road Initiative, CPEC, Ketergantungan, Infrastruktur, Pakistan, Tiongkok
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 320 Ilmu politik > 327 Hubungan internasional
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Hubungan Internasional
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:12
Last Modified: 04 Nov 2025 07:12
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30885

Actions (login required)

View Item View Item