{JALUR REGULER: PROFESIONAL} PERANCANGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU AL-QUR’ANIYYAH DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN

Annisa, Ajeng Andin Choirun Nur (2025) {JALUR REGULER: PROFESIONAL} PERANCANGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU AL-QUR’ANIYYAH DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BERKELANJUTAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Naskah Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.84.0329.zip
Restricted to Repository staff only

Download (197MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kualitas sumber daya manusia. Sekolah Islam Terpadu Al-Qur’aniyyah dirancang sebagai institusi pendidikan berbasis nilai-nilai Islam dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan guna menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, sehat, dan ramah lingkungan. Pendekatan arsitektur berkelanjutan dalam perancangan ini diterapkan melalui pemanfaatan material ramah lingkungan, optimalisasi pencahayaan dan ventilasi alami, serta penggunaan teknologi hemat energi. Selain itu, konsep ruang terbuka hijau dan elemen arsitektur Islami diaplikasikan untuk mendukung kenyamanan psikologis dan spiritual peserta didik. Metode perancangan meliputi studi literatur, analisis kebutuhan pengguna, dan kajian tapak untuk menghasilkan desain yang sesuai dengan konteks lingkungan dan budaya setempat. Hasil perancangan diharapkan dapat mewujudkan sekolah yang tidak hanya memenuhi standar pendidikan berkualitas, tetapi juga berkontribusi dalam menjaga keseimbangan ekologi dan keberlanjutan lingkungan

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Fidali, Nurizka
Uncontrolled Keywords: Sekolah Islam Terpadu, Arsitektur Berkelanjutan, Lingkungan Belajar, Desain Ramah Lingkungan, Pendidikan Islami
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 720 Arsitektur > 720 Arsitektur
Divisions: Fakultas Sains & Teknologi > Arsitektur
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Nov 2025 04:49
Last Modified: 04 Nov 2025 04:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30857

Actions (login required)

View Item View Item