PERANCANGAN GAME EDUKASI S-QUIZ VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GENERASI Z TENTANG WARISAN BUDAYA YOGYAKARTA

Fatthakurrozak, Tsua’un Ibnu Alif (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI S-QUIZ VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GENERASI Z TENTANG WARISAN BUDAYA YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1842.zip
Restricted to Repository staff only

Download (68MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Era modern menyebabkan Generasi Z lebih tertarik pada budaya asing, sehingga budaya Indonesia mulai terlupakan. Untuk mengatasi hal ini, S-Quiz VR hadir sebagai solusi untuk melestarikan dan meningkatkan pengetahuan Generasi Z tentang budaya Indonesia dengan menyajikan permainan quiz yang berbeda dari game quiz lainnya, menyesuaikan dengan minat Gen Z seperti permainan FPS, dan petualangan sehingga menghasilkan permainan yang menyenangkan dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahap: Konsep, Desain, Pengumpulan Materi, Perakitan, Pengujian, dan Distribusi. Metode ini memastikan pengembangan yang sistematis dan terstruktur. Kesimpulannya S-Quiz VR efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan apresiasi Generasi Z terhadap budaya Indonesia melalui pendekatan yang menarik dan interaktif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei P
Uncontrolled Keywords: Gen Z, Virtual Reality, Budaya Indonesia, Game, Minat, Edukasi, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:53
Last Modified: 19 Sep 2025 02:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30800

Actions (login required)

View Item View Item