Ulayo, Falby Aimar (2025) IMPLEMENTASI ANIMASI PROSEDURAL PADA KARAKTER RANJAU BERKAKI EMPAT DALAM FILM PENDEK “PAIMO WAR”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0952.zip Restricted to Repository staff only Download (98MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi animasi prosedural untuk menghasilkan pergerakan realistis pada karakter ranjau berkaki empat dalam film pendek "PAIMO WAR". Permasalahan utama dalam penganimasian karakter dengan multiple legs adalah kompleksitas dan waktu yang dibutuhkan untuk menganimasikan setiap kaki secara manual, serta kesulitan dalam mencapai konsistensi gerakan yang natural. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses animasi dengan memanfaatkan sistem prosedural yang dapat menghasilkan gerakan otomatis berdasarkan parameter yang telah ditentukan. Metodologi penelitian mencakup analisis kebutuhan pergerakan karakter, perancangan sistem rigging khusus untuk animasi prosedural, dan implementasi menggunakan constraint system follow path di Blender. Penelitian ini juga menggunakan metode perbandingan antara teknik animasi manual dengan animasi prosedural, dengan fokus pada efisiensi waktu produksi dan kualitas hasil animasi. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa implementasi animasi prosedural berhasil meningkatkan efisiensi waktu produksi animasi karakter ranjau berkaki empat, dengan tetap mempertahankan kualitas dan naturalitas gerakan. Sistem ini juga memungkinkan penyesuaian parameter secara real-time untuk menghasilkan variasi gerakan yang berbeda sesuai kebutuhan scene dalam film animasi “PAIMO WAR” dan dapat di terapkan dalam proyek serupa di masa depan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi Prosedural, Blender, Karakter Rigging, Film Pendek, Multiple Legs Animation | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:55 | ||
Last Modified: | 19 Sep 2025 01:55 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |