IMPLEMENTASI ANIMASI PROSEDURAL PADA KARAKTER RANJAU BERKAKI EMPAT DALAM FILM PENDEK “PAIMO WAR”

Ulayo, Falby Aimar (2025) IMPLEMENTASI ANIMASI PROSEDURAL PADA KARAKTER RANJAU BERKAKI EMPAT DALAM FILM PENDEK “PAIMO WAR”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (516kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0952.zip
Restricted to Repository staff only

Download (98MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi animasi prosedural untuk menghasilkan pergerakan realistis pada karakter ranjau berkaki empat dalam film pendek "PAIMO WAR". Permasalahan utama dalam penganimasian karakter dengan multiple legs adalah kompleksitas dan waktu yang dibutuhkan untuk menganimasikan setiap kaki secara manual, serta kesulitan dalam mencapai konsistensi gerakan yang natural. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses animasi dengan memanfaatkan sistem prosedural yang dapat menghasilkan gerakan otomatis berdasarkan parameter yang telah ditentukan. Metodologi penelitian mencakup analisis kebutuhan pergerakan karakter, perancangan sistem rigging khusus untuk animasi prosedural, dan implementasi menggunakan constraint system follow path di Blender. Penelitian ini juga menggunakan metode perbandingan antara teknik animasi manual dengan animasi prosedural, dengan fokus pada efisiensi waktu produksi dan kualitas hasil animasi. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa implementasi animasi prosedural berhasil meningkatkan efisiensi waktu produksi animasi karakter ranjau berkaki empat, dengan tetap mempertahankan kualitas dan naturalitas gerakan. Sistem ini juga memungkinkan penyesuaian parameter secara real-time untuk menghasilkan variasi gerakan yang berbeda sesuai kebutuhan scene dalam film animasi “PAIMO WAR” dan dapat di terapkan dalam proyek serupa di masa depan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Animasi Prosedural, Blender, Karakter Rigging, Film Pendek, Multiple Legs Animation
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:55
Last Modified: 19 Sep 2025 01:55
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30793

Actions (login required)

View Item View Item