Fathurozaq, Muhammad Husni (2025) MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGGOTA TUBUH BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MARKER BASED TRACKING DI TK AMAL MULIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4492.zip Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan semakin berkembang pesat, termasuk dalam pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) sebagai alat bantu pengenalan anggota tubuh bagi anakanak TK Amal Mulia. Teknologi AR dipilih karena mampu menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan memudahkan anak-anak dalam memahami konsep yang diajarkan. Metode yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi AR yang menampilkan objek 3D anggota tubuh ketika marker dikenali oleh kamera perangkat, disertai dengan narasi suara dan informasi singkat. Pengujian dilakukan kepada guru dan siswa sebagai pengguna akhir, dengan hasil menunjukkan bahwa media ini efektif dalam membantu proses pengenalan anggota tubuh, serta mendapatkan respons positif dari pengguna dalam aspek kemudahan penggunaan, tampilan visual, dan keterlibatan siswa. Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung proses belajar mengajar di jenjang Taman Kanak-Kanak. Media pembelajaran berbasis AR ini berpotensi menjadi inovasi dalam dunia pendidikan anak usia dini, khususnya dalam materi pengenalan anggota tubuh.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Marker Based Tracking, Media Pembelajaran, Anak Usia Dini, Anggota Tubuh, TK Amal Mulia | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:19 | ||
Last Modified: | 19 Sep 2025 01:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |