MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGGOTA TUBUH BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MARKER BASED TRACKING DI TK AMAL MULIA

Fathurozaq, Muhammad Husni (2025) MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGGOTA TUBUH BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MARKER BASED TRACKING DI TK AMAL MULIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4492.zip
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan semakin berkembang pesat, termasuk dalam pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) sebagai alat bantu pengenalan anggota tubuh bagi anakanak TK Amal Mulia. Teknologi AR dipilih karena mampu menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan memudahkan anak-anak dalam memahami konsep yang diajarkan. Metode yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi AR yang menampilkan objek 3D anggota tubuh ketika marker dikenali oleh kamera perangkat, disertai dengan narasi suara dan informasi singkat. Pengujian dilakukan kepada guru dan siswa sebagai pengguna akhir, dengan hasil menunjukkan bahwa media ini efektif dalam membantu proses pengenalan anggota tubuh, serta mendapatkan respons positif dari pengguna dalam aspek kemudahan penggunaan, tampilan visual, dan keterlibatan siswa. Dengan demikian, media pembelajaran ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung proses belajar mengajar di jenjang Taman Kanak-Kanak. Media pembelajaran berbasis AR ini berpotensi menjadi inovasi dalam dunia pendidikan anak usia dini, khususnya dalam materi pengenalan anggota tubuh.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aziza, Rifda Faticha Alfa
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Marker Based Tracking, Media Pembelajaran, Anak Usia Dini, Anggota Tubuh, TK Amal Mulia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:19
Last Modified: 19 Sep 2025 01:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30789

Actions (login required)

View Item View Item