Saputra, Iqbal Risqi (2025) {JALUR PROFESIONAL MAGANG} PENGEMBANGAN PLATFORM LAUNCHINPAD UNTUK MENJEMBATANI INOVASI MAHASISWA MENJADI KARYA DALAM DIGITALISASI PORTOFOLIO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (590kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4267.zip Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong pentingnya peran User Interface (UI) dan User Experience (UX) dalam menciptakan solusi yang efektif dan ramah pengguna. UI/UX menjadi elemen esensial dalam pengembangan produk digital, termasuk aplikasi, situs web, dan platform berbasis teknologi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi pengembangan platform Launchinpad sebagai media digital bagi mahasiswa dalam mengelola, mendokumentasikan, dan mempublikasikan hasil karya mereka. Dengan menerapkan metode User Centered Design (UCD), penelitian ini berfokus pada optimalisasi antarmuka pengguna UI dan pengalaman pengguna UX untuk meningkatkan kemudahan navigasi serta efektivitas sistem dalam mendukung kebutuhan pengguna. Melalui Program Magang di Launchinpad, dirancang untuk mendukung mahasiswa dengan menyediakan ruang untuk mengarsipkan karyakarya mahasiswa, baik karya akademik seperti tugas akhir adapun karya pribadi. Laporan ini mengkaji implementasi prinsip UI/UX dalam menciptakan antarmuka yang intuitif dan fungsional. Proses desain melibatkan metode seperti user research, wireframing, prototyping, hingga usability testing. Hasilnya menunjukkan bahwa pengintegrasian elemen UI/UX yang baik dapat meningkatkan engagement pengguna serta mendukung keberhasilan platform digital. Laporan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan platform digital lebih lanjut dan memberikan wawasan praktis untuk mengimplementasikan prinsip UI/UX di berbagai konteks.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Desain Antarmuka Pengguna, Pengalaman Pengguna, Platform Digital, Website, Proyek Akhir. User Centered Design | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:27 | ||
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |