Zulfikri, Mujaddid (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BIOTA LAUT DI SEKOLAH TK AISYIYAH AL – IMAN YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3585.zip Restricted to Repository staff only Download (168MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pengenalan biota laut kepada anak usia dini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran mereka dalam menjaga ekosistem laut sejak dini. Namun, proses pembelajaran di TK Aisyiyah Al Iman Yogyakarta masih bersifat konvensional dan kurang menarik, sehingga anak-anak kesulitan memahami materi. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis Android dalam pengenalan biota laut. Penelitian dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi AR ini menampilkan objek biota laut 3D secara interaktif dengan suara penjelasan, yang dapat diakses melalui kamera ponsel dengan bantuan marker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan minat dan pemahaman anak terhadap materi biota laut. Guru juga merasa terbantu dengan hadirnya media ini sebagai alat bantu ajar yang inovatif. Penggunaan AR terbukti mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, efektif, dan mendalam bagi anak usia dini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Biota Laut, Media Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini, TK Aisyiyah Al Iman | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Sep 2025 04:53 | ||
Last Modified: | 18 Sep 2025 04:53 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |