ANALISIS IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BIOTA LAUT DI SEKOLAH TK AISYIYAH AL – IMAN YOGYAKARTA

Zulfikri, Mujaddid (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS MARKER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BIOTA LAUT DI SEKOLAH TK AISYIYAH AL – IMAN YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.11.3585.zip
Restricted to Repository staff only

Download (168MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengenalan biota laut kepada anak usia dini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran mereka dalam menjaga ekosistem laut sejak dini. Namun, proses pembelajaran di TK Aisyiyah Al Iman Yogyakarta masih bersifat konvensional dan kurang menarik, sehingga anak-anak kesulitan memahami materi. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis Android dalam pengenalan biota laut. Penelitian dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi AR ini menampilkan objek biota laut 3D secara interaktif dengan suara penjelasan, yang dapat diakses melalui kamera ponsel dengan bantuan marker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan minat dan pemahaman anak terhadap materi biota laut. Guru juga merasa terbantu dengan hadirnya media ini sebagai alat bantu ajar yang inovatif. Penggunaan AR terbukti mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, efektif, dan mendalam bagi anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurcholis, Muhammad Tofa
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Biota Laut, Media Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini, TK Aisyiyah Al Iman
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:53
Last Modified: 18 Sep 2025 04:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30763

Actions (login required)

View Item View Item