PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID “PENGENALAN AKSARA JAWA” DENGAN METODE WATERFALL

Pambudi, Agung Setyo (2025) PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID “PENGENALAN AKSARA JAWA” DENGAN METODE WATERFALL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2488.zip
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat memberikan peluang besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pelestarian budaya lokal seperti aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android guna memperkenalkan aksara Jawa kepada siswa sekolah dasar, khususnya di SD Negeri Nglempong. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya minat dan kesulitan siswa dalam mempelajari aksara Jawa akibat kurang optimalnya media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Waterfall, dimulai dari tahap analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, hingga pengujian menggunakan Black Box Testing. Aplikasi dikembangkan menggunakan Construct 3, dengan dukungan aset grafis dan audio yang interaktif, serta diuji oleh ahli media, ahli materi, dan pengguna akhir. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan tingkat validitas dari ahli materi sebesar 87,8% dan dari ahli media sebesar 98,7%. Sementara itu, hasil uji kepuasan pengguna menunjukkan respon yang sangat positif sebesar 96,3%. Kesimpulannya, media interaktif ini efektif sebagai alat bantu pembelajaran aksara Jawa yang menarik dan mudah digunakan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi lainnya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wardhana, Raditya
Uncontrolled Keywords: Aksara Jawa, Media Interaktif, Android, Metode Waterfall
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:42
Last Modified: 18 Sep 2025 03:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30740

Actions (login required)

View Item View Item