Pambudi, Agung Setyo (2025) PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID “PENGENALAN AKSARA JAWA” DENGAN METODE WATERFALL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.11.2488.zip Restricted to Repository staff only Download (33MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat memberikan peluang besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam pelestarian budaya lokal seperti aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android guna memperkenalkan aksara Jawa kepada siswa sekolah dasar, khususnya di SD Negeri Nglempong. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya minat dan kesulitan siswa dalam mempelajari aksara Jawa akibat kurang optimalnya media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Waterfall, dimulai dari tahap analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, hingga pengujian menggunakan Black Box Testing. Aplikasi dikembangkan menggunakan Construct 3, dengan dukungan aset grafis dan audio yang interaktif, serta diuji oleh ahli media, ahli materi, dan pengguna akhir. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan tingkat validitas dari ahli materi sebesar 87,8% dan dari ahli media sebesar 98,7%. Sementara itu, hasil uji kepuasan pengguna menunjukkan respon yang sangat positif sebesar 96,3%. Kesimpulannya, media interaktif ini efektif sebagai alat bantu pembelajaran aksara Jawa yang menarik dan mudah digunakan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi lainnya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Aksara Jawa, Media Interaktif, Android, Metode Waterfall | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:42 | ||
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |