Yunianto, Sofyan (2025) KOMPARASI MODEL 3D BERBASIS MANUAL DAN AI DALAM PENINGKATAN KUALITAS KARAKTER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi desain dan implementasi model 3D berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam upaya meningkatkan realisme dalam game. Dengan kemajuan teknologi, penggunaan AI dalam pembuatan model 3D telah menjadi pendekatan inovatif untuk menciptakan karakter dan lingkungan yang lebih hidup dan realistis. Metodologi penelitian ini melibatkan pengembangan model 3D menggunakan algoritma AI untuk menghasilkan tekstur, animasi, dan detail yang mendekati realitas. Proses ini mencakup pelatihan model AI dengan dataset gambar dan model 3D, serta pengujian hasilnya dalam berbagai skenario game. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak dan alat pengembangan game yang umum digunakan untuk memastikan aplikasi praktis dan relevansi industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model 3D berbasis AI dapat secara signifikan meningkatkan tingkat realisme dalam game. Model yang dihasilkan tidak hanya lebih mendetail tetapi juga mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi permainan secara dinamis. Penggunaan AI dalam proses ini juga terbukti efisien dalam hal waktu dan sumber daya, memungkinkan pengembang game untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dengan lebih cepat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi AI dalam desain dan implementasi model 3D merupakan langkah maju yang penting untuk industri game. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna dengan visual yang lebih realistis tetapi juga membuka peluang baru untuk inovasi dalam pengembangan game. Diharapkan bahwa temuan ini dapat mendorong adopsi AI lebih luas dalam industri game dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan teknologi game di masa depan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D Model, Artificial Intelligence, Game, Teknologi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:21 | ||
Last Modified: | 18 Sep 2025 02:21 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |