PENGEMBANGAN GAME EDUKASI INTERAKTIF CANDI MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE UNTUK SEKOLAH DASAR

Ali, Puti Andini Azahra (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI INTERAKTIF CANDI MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE UNTUK SEKOLAH DASAR. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.02.0734.zip
Restricted to Repository staff only

Download (98MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Candi-candi di Sleman memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, namun kesadaran serta minat generasi muda, terutama murid Sekolah Dasar, terhadap warisan budaya ini masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi interaktif bertema Candi di Sleman menggunakan Adobe Animate sebagai media pembelajaran yang menarik dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahap konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. di mana setiap tahap dilakukan secara sistematis untuk memastikan game yang dihasilkan memiliki kualitas edukatif dan visual yang optimal. Game ini dirancang dengan menggabungkan elemen interaktif seperti kuis, cerita legenda, dan animasi dua dimensi yang dinamis. Pengujian dilakukan dengan melibatkan murid Sekolah Dasar di Sleman untuk mengukur tingkat pemahaman mereka sebelum dan sesudah menggunakan game tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa tentang candi-candi di Sleman serta peningkatan minat mereka untuk mempelajari warisan budaya. Dengan demikian, game edukasi interaktif ini diharapkan mampu menjadi sarana edukasi yang inovatif dan menyenangkan bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Dewi, Melany Mustika
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Interaktif, Candi Sleman, Sekolah Dasar, Adobe Animate
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Sep 2025 02:18
Last Modified: 16 Sep 2025 02:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30669

Actions (login required)

View Item View Item