PERANCANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS PIXEL ART UNTUK SEKOLAH DASAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Al Majid, Ananta Huda (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS PIXEL ART UNTUK SEKOLAH DASAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (508kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1975.zip
Restricted to Repository staff only

Download (58MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong berbagai inovasi di berbagai bidang, termasuk dalam dunia game. Game tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga telah berkembang menjadi alat pembelajaran interaktif yang efektif, terutama untuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat game edukasi matematika berbasis pixel art bernama "MathVill". Game ini mengusung genre side-scrolling dengan elemen kuis, menyajikan materi matematika dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dalam balutan visualisasi pixel art yang menarik dengan palet warna cerah dan animasi sederhana. Software Godot Engine digunakan karena open-source dan mudah diakses, memungkinkan pengembangan game yang optimal dan memudahkan distribusi. Visualisasi pixel art dipilih karena menciptakan kesan retro yang unik, sederhana, dan mudah dipahami oleh anak-anak, sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya tarik game dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini juga mengkaji pengaruh visualisasi pixel art terhadap daya tarik game dan motivasi belajar siswa. Diharapkan game edukasi "MathVill" dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dan memotivasi siswa untuk belajar matematika. Metode pengembangan yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC), meliputi tahap konsep, desain, produksi, pengujian, dan rilis.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nuraminudin, M.
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Matematika, Pixel art, Godot Engine, GDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Sep 2025 07:49
Last Modified: 12 Sep 2025 07:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30651

Actions (login required)

View Item View Item