Al Majid, Ananta Huda (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA BERBASIS PIXEL ART UNTUK SEKOLAH DASAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1975.zip Restricted to Repository staff only Download (58MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong berbagai inovasi di berbagai bidang, termasuk dalam dunia game. Game tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga telah berkembang menjadi alat pembelajaran interaktif yang efektif, terutama untuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat game edukasi matematika berbasis pixel art bernama "MathVill". Game ini mengusung genre side-scrolling dengan elemen kuis, menyajikan materi matematika dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) dalam balutan visualisasi pixel art yang menarik dengan palet warna cerah dan animasi sederhana. Software Godot Engine digunakan karena open-source dan mudah diakses, memungkinkan pengembangan game yang optimal dan memudahkan distribusi. Visualisasi pixel art dipilih karena menciptakan kesan retro yang unik, sederhana, dan mudah dipahami oleh anak-anak, sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya tarik game dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini juga mengkaji pengaruh visualisasi pixel art terhadap daya tarik game dan motivasi belajar siswa. Diharapkan game edukasi "MathVill" dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dan memotivasi siswa untuk belajar matematika. Metode pengembangan yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC), meliputi tahap konsep, desain, produksi, pengujian, dan rilis.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Matematika, Pixel art, Godot Engine, GDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:49 | ||
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:49 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |