Tiastono, Arya (2025) PEMBUATAN GAME AUGMENTED REALITY BELAJAR HEWAN UNTUK KB-TK AL AMIN SINAR PUTIH MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1912.zip Restricted to Repository staff only Download (169MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran interaktif dengan menggunakan teknologi dapat berguna untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi anak-anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat game edukasi augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran hewan untuk anak-anak KB-TK Al Amin Sinar Putih. Metode Multimedia Development Life Cycle digunakan peneliti untuk perancangan game ini. MDLC memiliki enam tahap antara lain; konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Game ini memanfaatkan teknologi AR untuk menampilkan model hewan 3D yang interaktif saat kamera perangkat diarahkan ke marker tertentu. Anak-anak dapat mempelajari Gambaran hewan secara umum melalui visualisasi yang menarik. Pengujian dilakukan menggunakan metode pengujian fungsional semua fitur yang ada dalam game untuk mengevaluasi fungsionalitas, dan evaluasi pengguna dilakukan untuk mengukur kepuasan serta efektivitas pembelajaran. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini berfungsi dengan baik sesuai spesifikasi yang dirancang. Selain itu, feedback dari pengguna menyatakan bahwa game ini efektif meningkatkan minat dan pemahaman anak terhadap materi pembelajaran hewan. Dengan demikian, game AR ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang inovatif bagi anak-anak usia dini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Teknologi, Augmented Reality, Game Edukasi, KB-TK, Multimedia Development Life Cycle (MDLC) | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 07:30 | ||
Last Modified: | 12 Sep 2025 07:30 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |