PEMBUATAN GAME AUGMENTED REALITY BELAJAR HEWAN UNTUK KB-TK AL AMIN SINAR PUTIH MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE

Tiastono, Arya (2025) PEMBUATAN GAME AUGMENTED REALITY BELAJAR HEWAN UNTUK KB-TK AL AMIN SINAR PUTIH MENGGUNAKAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1912.zip
Restricted to Repository staff only

Download (169MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran interaktif dengan menggunakan teknologi dapat berguna untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi anak-anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat game edukasi augmented reality (AR) sebagai media pembelajaran hewan untuk anak-anak KB-TK Al Amin Sinar Putih. Metode Multimedia Development Life Cycle digunakan peneliti untuk perancangan game ini. MDLC memiliki enam tahap antara lain; konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Game ini memanfaatkan teknologi AR untuk menampilkan model hewan 3D yang interaktif saat kamera perangkat diarahkan ke marker tertentu. Anak-anak dapat mempelajari Gambaran hewan secara umum melalui visualisasi yang menarik. Pengujian dilakukan menggunakan metode pengujian fungsional semua fitur yang ada dalam game untuk mengevaluasi fungsionalitas, dan evaluasi pengguna dilakukan untuk mengukur kepuasan serta efektivitas pembelajaran. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini berfungsi dengan baik sesuai spesifikasi yang dirancang. Selain itu, feedback dari pengguna menyatakan bahwa game ini efektif meningkatkan minat dan pemahaman anak terhadap materi pembelajaran hewan. Dengan demikian, game AR ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang inovatif bagi anak-anak usia dini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nuraminudin, M.
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Augmented Reality, Game Edukasi, KB-TK, Multimedia Development Life Cycle (MDLC)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Sep 2025 07:30
Last Modified: 12 Sep 2025 07:30
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30646

Actions (login required)

View Item View Item