PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME APIN BERBASIS ANDROID

Nugroho, Wahyu (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME APIN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (820kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.12.9635-Wahyu Nugroho.rar
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9635-WAHYU NUGROHO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)

Abstract

Bagai anak usia 4-6 tahun, belajar merupakan suatu kegiatan yang sangat penting supaya perkembangan otak dan pikiran berjalan dengan baik. Selain itu, dengan belajar dapat membantu memperkenalkan tentang keadaan yang ada disekitar mereka. Akan tetapi terdapat beberapa masalah dimana dengan usia tersebut, dibutuhkan cara belajar yang berbeda dengan usia dewasa, saat ini masih banyak dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan metode pengajaran dengan media buku panduan ataupun memberikan contoh dengan barang seadanya, hal tersebut dapat berpenganruh pada kegiatan belajar sehingga membuat anak cenderung tidak semangat dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah media pembelajaran berupa game edukasi yang bertujuan sebagai media pembelajaran dan meningkatkan semangat belajar dalam memperkenalkan ilmu pengetahuan dasar. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu GDLC (Game Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 taap antara lain initiation, preproduction, production, testing, beta, release. Dalam perancangan dan pembuatan aplikasi game menggunakan Game Maker Studio. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Game Apin berbasis Android telah berhasil dibuat. Hal ini dibuktikan dari hasil Blackbox testing. Pada testing tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa program berjalan sesuai fungsinya. Selain itu perancangan Game Apin Sebagai media pembelajaran dan meningkatkan semangat belajar bagi anak usia 4-6 tahun dalam memperkenalkan ilmu pengetahuan dasar tentang nama benda, nama hewan dan nama anggota tubuh berhasil dikembangkan dan layak digunakan. Hasil uji coba pada anak antara umur 4-6 tahun mendapatkan prosentase 84,5% sampai dengan 88,5% yang berarti Game Apin sudah berhasil dirancang dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Anggit Dwi, Hartanto
Uncontrolled Keywords: Anak, Game Maker Studio, GDLC, Children
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:07
Last Modified: 22 Aug 2023 02:29
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item