Nugroho, Wahyu (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME APIN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (820kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.12.9635-Wahyu Nugroho.rar Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9635-WAHYU NUGROHO.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
Abstract
Bagai anak usia 4-6 tahun, belajar merupakan suatu kegiatan yang sangat penting supaya perkembangan otak dan pikiran berjalan dengan baik. Selain itu, dengan belajar dapat membantu memperkenalkan tentang keadaan yang ada disekitar mereka. Akan tetapi terdapat beberapa masalah dimana dengan usia tersebut, dibutuhkan cara belajar yang berbeda dengan usia dewasa, saat ini masih banyak dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan metode pengajaran dengan media buku panduan ataupun memberikan contoh dengan barang seadanya, hal tersebut dapat berpenganruh pada kegiatan belajar sehingga membuat anak cenderung tidak semangat dan tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah media pembelajaran berupa game edukasi yang bertujuan sebagai media pembelajaran dan meningkatkan semangat belajar dalam memperkenalkan ilmu pengetahuan dasar. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu GDLC (Game Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 taap antara lain initiation, preproduction, production, testing, beta, release. Dalam perancangan dan pembuatan aplikasi game menggunakan Game Maker Studio. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Game Apin berbasis Android telah berhasil dibuat. Hal ini dibuktikan dari hasil Blackbox testing. Pada testing tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa program berjalan sesuai fungsinya. Selain itu perancangan Game Apin Sebagai media pembelajaran dan meningkatkan semangat belajar bagi anak usia 4-6 tahun dalam memperkenalkan ilmu pengetahuan dasar tentang nama benda, nama hewan dan nama anggota tubuh berhasil dikembangkan dan layak digunakan. Hasil uji coba pada anak antara umur 4-6 tahun mendapatkan prosentase 84,5% sampai dengan 88,5% yang berarti Game Apin sudah berhasil dirancang dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Anak, Game Maker Studio, GDLC, Children | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Jun 2022 06:07 | ||
Last Modified: | 22 Aug 2023 02:29 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/306 |
Actions (login required)
View Item |