MEMBEDAH KONTEN TIKTOK PRODUK DONAT LOKAL DALAM MEMBANGUN ENGAGEMENT RATE (ANALISIS ISI KUANTITATIF AKUN TIKTOK @OMAGA.DONUTS)

Wonte, Edward Michelle (2025) MEMBEDAH KONTEN TIKTOK PRODUK DONAT LOKAL DALAM MEMBANGUN ENGAGEMENT RATE (ANALISIS ISI KUANTITATIF AKUN TIKTOK @OMAGA.DONUTS). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (691kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)

Abstract

Media sosial, khususnya Tiktok, telah menjadi platform strategis bagi merek untuk meningkatkan keterlibatan audiens melalui strategi content marketing. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengukur frekuensi dan persentase distribusi jenis konten (informasional, komersial, transaksional, navigasional, hiburan) berdasarkan strategi content marketing yang paling dominan pada unggahan video Tiktok @omaga.donuts selama periode Januari 2024–Februari 2025, dan (2) menganalisis secara kuantitatif kontribusi jenis konten (informasional, komersial, transaksional, navigasional, hiburan) dalam strategi content marketing terhadap social media engagement rate pada akun Tiktok @omaga.donuts. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi kuantitatif dengan menganalisis 197 unggahan video dari akun Tiktok @omaga.donuts. Kategori konten yang dianalisis mencakup konten informasional, komersial, transaksional, navigasional, dan hiburan. Validitas instrumen diuji melalui uji validitas muka, dan uji reliabilitas antar-coder dengan metode Holsti, dan dianalisis menggunakan analisis isi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan distribusi jenis konten informasional merupakan yang paling dominan (164 dari 197 unggahan 83,25%), dan kontribusi jenis konten terhadap engagement rate tertinggi 9% yaitu jenis Hiburan (123 dari 197 unggahan 62,44%). Konten hiburan didominasi oleh karakteristik humor, konten informasional didominasi oleh nama tempat/deskripsi merek. Konten komersial , navigasional, dan transaksional memiliki engagement rate lebih rendah karena preferensi audiens Tiktok yang mengutamakan hiburan. Tumpang tindih karakteristik, seperti humor dan deskripsi merek, meningkatkan relevansi dan konsistensi, mendorong interaksi aktif seperti likes, comments, save, dan shares. Berdasarkan pengukuran engagement rate akun Tiktok @omaga.donuts mampu mencapai 19,38%, menunjukkan efektivitas strategi content marketing yang memanfaatkan konten emosional dan informatif. Temuan ini diharapkan menjadi panduan praktis bagi pelaku usaha kuliner lokal dalam merancang konten Tiktok yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ajibulloh, Alvian Alrasid
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi Kuantitatif, Tiktok, @omaga.donuts, Engagement Rate, Konten Media Sosial
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:56
Last Modified: 09 Sep 2025 06:56
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30560

Actions (login required)

View Item View Item