Darmawan, Fauzi Ilham (2025) PEMBUATAN VIDEO MODUL PEMBELAJARAN TENTANG CODING VISUAL UNTUK ANAK DALAM PROGRAM PELATIHAN MICROSKILL DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP (DTS) DI BPSDMP KOMDIGI YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4394.zip Restricted to Repository staff only Download (194MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital menuntut penguasaan keterampilan dasar pemrograman sejak usia dini. Namun, tidak semua anak memiliki akses dan kemampuan untuk memahami konsep pemrograman melalui pendekatan konvensional berbasis teks. Pembuatan video modul pembelajaran tentang coding visual untuk anak dalam Program Pelatihan Microskill Digital Talent Scholarship (DTS) di BPSDMP Komunikasi dan Informatika Digital Yogyakarta bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Modul ini dirancang agar anak-anak dapat memahami konsep dasar pemrograman melalui pendekatan visual tanpa harus berhadapan langsung dengan kode teks yang rumit. Dengan menggunakan alat bantu seperti Scratch dan platform serupa, video ini mengajarkan konsep logika pemrograman secara bertahap, mulai dari pengenalan blok kode hingga pembuatan proyek sederhana. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Video pembelajaran dikembangkan dengan pendekatan yang menggabungkan animasi, ilustrasi menarik, serta penjelasan yang mudah dipahami agar sesuai dengan cara belajar anak. Selain itu, modul ini mendukung pengembangan keterampilan berpikir logis, pemecahan masalah, serta kreativitas dalam menciptakan proyek digital. Dengan adanya video ini, diharapkan peserta pelatihan dapat lebih mudah memahami konsep dasar coding visual dan menerapkannya dalam berbagai aktivitas teknologi di masa depan. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan, orang tua, serta fasilitator pelatihan sebagai media bantu pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Coding Visual, Video Pembelajaran, Anak-Anak, Scratch, ADDI | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:44 | ||
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |