PEMBUATAN VIDEO MODUL PEMBELAJARAN TENTANG CODING VISUAL UNTUK ANAK DALAM PROGRAM PELATIHAN MICROSKILL DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP (DTS) DI BPSDMP KOMDIGI YOGYAKARTA

Darmawan, Fauzi Ilham (2025) PEMBUATAN VIDEO MODUL PEMBELAJARAN TENTANG CODING VISUAL UNTUK ANAK DALAM PROGRAM PELATIHAN MICROSKILL DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP (DTS) DI BPSDMP KOMDIGI YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4394.zip
Restricted to Repository staff only

Download (194MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut penguasaan keterampilan dasar pemrograman sejak usia dini. Namun, tidak semua anak memiliki akses dan kemampuan untuk memahami konsep pemrograman melalui pendekatan konvensional berbasis teks. Pembuatan video modul pembelajaran tentang coding visual untuk anak dalam Program Pelatihan Microskill Digital Talent Scholarship (DTS) di BPSDMP Komunikasi dan Informatika Digital Yogyakarta bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan. Modul ini dirancang agar anak-anak dapat memahami konsep dasar pemrograman melalui pendekatan visual tanpa harus berhadapan langsung dengan kode teks yang rumit. Dengan menggunakan alat bantu seperti Scratch dan platform serupa, video ini mengajarkan konsep logika pemrograman secara bertahap, mulai dari pengenalan blok kode hingga pembuatan proyek sederhana. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Video pembelajaran dikembangkan dengan pendekatan yang menggabungkan animasi, ilustrasi menarik, serta penjelasan yang mudah dipahami agar sesuai dengan cara belajar anak. Selain itu, modul ini mendukung pengembangan keterampilan berpikir logis, pemecahan masalah, serta kreativitas dalam menciptakan proyek digital. Dengan adanya video ini, diharapkan peserta pelatihan dapat lebih mudah memahami konsep dasar coding visual dan menerapkannya dalam berbagai aktivitas teknologi di masa depan. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan, orang tua, serta fasilitator pelatihan sebagai media bantu pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Bernadhed, Bernadhed
Uncontrolled Keywords: Coding Visual, Video Pembelajaran, Anak-Anak, Scratch, ADDI
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Aug 2025 01:44
Last Modified: 21 Aug 2025 01:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30493

Actions (login required)

View Item View Item