{SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN MODELLING 3D KARAKTER "ZOMBIE" PADA GAME "HAUNTED WILDERNESS" MENGGUNAKAN TEKNIK HIGH POLLY

Rachman, Muhammad Ragil Nur (2025) {SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN MODELLING 3D KARAKTER "ZOMBIE" PADA GAME "HAUNTED WILDERNESS" MENGGUNAKAN TEKNIK HIGH POLLY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1233.zip
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Perkembangan industri game yang pesat menuntut peningkatan kualitas visual, khususnya dalam hal desain karakter. Salah satu elemen penting dalam menciptakan pengalaman bermain yang imersif adalah karakter dengan tampilan visual yang kuat dan detail. Penelitian ini membahas proses modelling 3D karakter "zombie" untuk game Haunted Wilderness dengan pendekatan teknik high poly, yang bertujuan untuk menghasilkan visualisasi karakter yang realistis dan mendukung atmosfer horor dalam game. Teknik high poly dipilih karena mampu menangkap detail yang kompleks, terutama pada tekstur kulit, deformasi wajah, serta anatomi khas karakter zombie. Proses modelling dilakukan menggunakan perangkat lunak Blender, dengan alur kerja yang mencakup tahap sculpting, retopology, hingga texturing. Setiap tahap memainkan peran penting dalam membentuk karakter secara visual, sekaligus memastikan struktur mesh yang efisien untuk pengembangan selanjutnya. Evaluasi dilakukan berdasarkan aspek seperti kompleksitas bentuk dan kualitas detail yang dihasilkan dari model 3D. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik high poly memungkinkan penciptaan karakter zombie dengan tingkat realisme tinggi, yang secara efektif memperkuat suasana horor dalam permainan. Namun demikian, model dengan jumlah poligon tinggi memerlukan tahapan optimasi tambahan agar tetap efisien saat dijalankan di dalam game engine. Studi ini memberikan kontribusi dalam memahami alur produksi karakter kompleks, serta mengidentifikasi tantangan teknis yang sering muncul dalam pengembangan game bergenre horor.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Pemodelan Karakter 3D, High Poly, Game Horor, Blender, Detail Visual
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:14
Last Modified: 20 Aug 2025 07:14
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30479

Actions (login required)

View Item View Item