Rachman, Muhammad Ragil Nur (2025) {SKEMA MAGANG ARTIST} PEMBAHASAN MODELLING 3D KARAKTER "ZOMBIE" PADA GAME "HAUNTED WILDERNESS" MENGGUNAKAN TEKNIK HIGH POLLY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (873kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1233.zip Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
Abstract
Perkembangan industri game yang pesat menuntut peningkatan kualitas visual, khususnya dalam hal desain karakter. Salah satu elemen penting dalam menciptakan pengalaman bermain yang imersif adalah karakter dengan tampilan visual yang kuat dan detail. Penelitian ini membahas proses modelling 3D karakter "zombie" untuk game Haunted Wilderness dengan pendekatan teknik high poly, yang bertujuan untuk menghasilkan visualisasi karakter yang realistis dan mendukung atmosfer horor dalam game. Teknik high poly dipilih karena mampu menangkap detail yang kompleks, terutama pada tekstur kulit, deformasi wajah, serta anatomi khas karakter zombie. Proses modelling dilakukan menggunakan perangkat lunak Blender, dengan alur kerja yang mencakup tahap sculpting, retopology, hingga texturing. Setiap tahap memainkan peran penting dalam membentuk karakter secara visual, sekaligus memastikan struktur mesh yang efisien untuk pengembangan selanjutnya. Evaluasi dilakukan berdasarkan aspek seperti kompleksitas bentuk dan kualitas detail yang dihasilkan dari model 3D. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik high poly memungkinkan penciptaan karakter zombie dengan tingkat realisme tinggi, yang secara efektif memperkuat suasana horor dalam permainan. Namun demikian, model dengan jumlah poligon tinggi memerlukan tahapan optimasi tambahan agar tetap efisien saat dijalankan di dalam game engine. Studi ini memberikan kontribusi dalam memahami alur produksi karakter kompleks, serta mengidentifikasi tantangan teknis yang sering muncul dalam pengembangan game bergenre horor.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pemodelan Karakter 3D, High Poly, Game Horor, Blender, Detail Visual | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:14 | ||
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |