Kuncoro, Candra Aldi (2025) PEMBUATAN WEB APP PEMINJAMAN BARANG MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (Studi Kasus : Karang Taruna Budi Luhur Kerukunan Keluarga Jawa Kabupaten Pinrang Wilayah Ranting Kariango, Suppa, Ujunglero). D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4786.zip Restricted to Repository staff only Download (134MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
Abstract
Karang Taruna merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang berfungsi sebagai forum untuk pengembangan potensi pemuda dan pemudi di tingkat desa atau kelurahan. Karang Taruna Budi Luhur yang berada di bawah naungan Organisasi Kerukunan Keluarga Jawa (KKJ) kabupaten pinrang yang meliputi wilayah ranting Kariango, suppa, ujung lero yang menyelenggarakan layanan peminjaman berbagai perlengkapan acara masyarakat, seperti lampu, terpal, meja, gelas, piring, baki, kompor, dandang air dan sound system. Seluruh aktivitas peminjaman ini amanahkan dan dikelola oleh bendahara organisasi. Namun, pencatatan masih bersifat manual menggunakan buku tulis, yang menyebabkan berbagai kendala seperti risiko kehilangan data, sulitnya penelusuran riwayat peminjaman, serta terbatasnya aspek transparansi dan akuntabilitas baik dalam manajemen barang maupun keuangan. Untuk mengatasi hambatan tersebut dan meningkatkan efisiensi, KarangTaruna Budi Luhur memutuskan membuat sistem informasi peminjaman barang berbasis web app. Pengembangan sistem dimulai dengan tahap analisis kebutuhan melalui diskusi dengan pihak yang mengelola peminjaman, serta pengumpulan data primer yang menjadi dasar dalam perancangan sistem. Sistem ini bertujuan untuk mengotomatisasi proses pencatatan, memudahkan pemantauan status barang, serta menyusun laporan organisasi, mempercepat proses administrasi, serta meningkatkan kualitas pelayanan secara transparan kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Karang Taruna, Peminjaman Barang, Sistem Digital, Laporan Keuangan, Manajemen Inventaris | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 Aug 2025 07:44 | ||
Last Modified: | 19 Aug 2025 07:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |