{JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME PADA 3 KARAKTER BATU KECIL DAN KARAKTER GOLEM 2D DALAM SCENE BEBATUAN UNTUK REMAKE JINGLE AMIKOM

Gulo, Amos Fangaro Nifati (2024) {JALUR MAGANG ARTIST} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME PADA 3 KARAKTER BATU KECIL DAN KARAKTER GOLEM 2D DALAM SCENE BEBATUAN UNTUK REMAKE JINGLE AMIKOM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (991kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.82.0484.zip
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Animasi 2D mempunyai keunggulan untuk menghadirkan dunia fantasi yang sulit dicapai melalui pengambilan gambar secara langsung dengan menggunakan kamera (live shoot). Hal ini membuka peluang bagi para animator untuk menuangkan ide kreatif dan imajinatif yang tanpa batas dalam proses pembuatan animasi 2D. Pokok bahasan dalam penulisan skripsi ini hanya berfokus pada pembuatan animasi looping 2D yang menampilkan siklus gerakan untuk empat karakter yang berbeda. Adapun animasi dari dua karakter batu kecil yaitu animasi siklus berjalan dengan gerakan yang berbeda, satu karakter batu kecil dengan gerakan melompat-lompat, dan karakter golem yang melakukan gerakan menepuk kedua tangannya sambil memiringkan badan secara bergantian ke kiri dan ke kanan sambil mengikuti ketukan dari lagu jingle Amikom. Untuk memenuhi kebutuhan dalam pembuatan animasi yang telah disebutkan, penulis menggunakan teknik frame by frame . Teknik frame by frame merupakan proses pembuatan animasi 2D dengan cara setiap frame atau gambar dibuat secara manual satu per satu, sehingga teknik ini memberikan animator kendali penuh atas setiap detail gerakan yang ditampilkan pada setiap frame . Jika frame yang satu menunjukkan perubahan gambar dari frame sebelum dan sesudahnya, frame-frame yang sudah disusun dan ditampilkan secara berurutan nantinya akan menciptakan ilusi suatu gerakan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Animasi Karakter, Animasi Perulangan, Frame by Frame, Clip Studio Paint EX
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Aug 2025 04:46
Last Modified: 19 Aug 2025 04:46
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30424

Actions (login required)

View Item View Item