PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PANDUAN LATIHAN DI GYM STINGRAYS

Perdana, Faza Dhika Putra (2025) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PANDUAN LATIHAN DI GYM STINGRAYS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.1848.zip
Restricted to Repository staff only

Download (47MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)

Abstract

Gym Stingrays mengalami kesulitan dalam menyediakan panduan latihan yang efektif bagi pemula. Banyak anggota baru menghadapi kendala dalam memahami teknik latihan dan penggunaan alat gym yang benar, yang dapat berdampak pada kurang optimalnya hasil latihan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi yang dapat memberikan panduan latihan secara visual dan interaktif. Teknologi Augmented Reality (AR) diterapkan dalam penelitian ini sebagai solusi untuk menampilkan model 3D gerakan latihan guna mendukung proses pembelajaran latihan di gym. Metode penelitian mencakup analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Teknologi Augmented Reality (AR) diterapkan dalam penelitian ini untuk mengembangkan aplikasi yang dapat menampilkan model 3D gerakan latihan sebagai solusi panduan latihan yang dilengkapi dengan informasi gerakannya. Pengujian dilakukan dengan metode Black Box Testing untuk memastikan aplikasi berfungsi sesuai dengan perancangan. Dengan adanya aplikasi AR ini memberikan pengalaman interaktif dalam menampilkan visualisasi gerakan latihan. Teknologi ini berpotensi menjadi referensi bagi gym atau pusat kebugaran lainnya dalam penerapan AR untuk meningkatkan layanan mereka.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nuraminudin, M.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Latihan Kebugaran, Panduan Interaktif, Gym, Teknologi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:33
Last Modified: 19 Aug 2025 03:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30415

Actions (login required)

View Item View Item