GAME 2D PUZZLE PENGENALAN BIOTA LAUT UNTUK ANAK USIA 4-9 TAHUN MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE

Saputera, Muhammad Irfan (2025) GAME 2D PUZZLE PENGENALAN BIOTA LAUT UNTUK ANAK USIA 4-9 TAHUN MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.12.1235.zip
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi dalam bentuk puzzle 2D sebagai media pengenalan biota laut untuk anak usia 4-9 tahun. Game ini dibuat menggunakan Adobe Animate dan dikembangkan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Game ini dirancang untuk memperkenalkan berbagai jenis biota laut, seperti ikan, kura-kura, kepiting, dan terumbu karang. Melalui pendekatan bermain sambil belajar, game ini diharapkan dapat meningkatkan daya ingat, keterampilan pemecahan masalah, serta kesadaran anak-anak terhadap lingkungan laut. Hasil pengujian melalui alpha testing dan beta testing menunjukkan bahwa game ini memenuhi aspek teknis dan interaktif yang sesuai dengan target pengguna. Respon dari anak-anak dan pendampingnya menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi dengan nilai 84,92%, menandakan bahwa game ini efektif sebagai media pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Permainan, Puzzle, MDLC, 2D
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:04
Last Modified: 19 Aug 2025 03:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item View Item