KLASIFIKASI PERFORMA AKADEMIK SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MACHINE LEARNING

Wardana, Kadek Aditya Ananta Wisnu (2025) KLASIFIKASI PERFORMA AKADEMIK SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MACHINE LEARNING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4392.zip
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)

Abstract

Demografis sebagai salah satu factor utama yang mempengaruhi rendahnya performa akademik siswa dalam pendidikan. Beberapa studi sebelumnya yang telah dilakukan untuk mengatasi performa akademik siswa belum menghasilkan akurasi yang cukup memuaskan dengan masalah utama seperti ketidakseimbangan data dan outlier data. Oleh karena itu, digunakan beberapa teknik Machine Learning, yaitu K-Nearest Neighbors, Support Vector Machine, Random Forest, dan Extreme Gradient Boost dalam mengklasifikasikan performa akademik siswa berdasarkan dataset Ibrahim Aljarah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi preprocessing data, serta pelatihan dan evaluasi model Machine Learning. Dataset diproses dengan teknik normalisasi dan mengatasi ketidakseimbangan data. Model Machine Learning yang diuji meliputi K-Nearest Neighbors, Support Vector Machine, Random Forest, dan Extreme Gradient Boost. Setiap model dilatih menggunakan teknik cross-validation dan dievaluasi berdasarkan metrik akurasi, presisi, recall, f1-score, dan AUC untuk menentukan performa terbaik dalam klasifikasi performa akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa random forest menjadi algoritma dengan nilai akurasi paling tinggi yaitu dengan akurasi sebesar 0,86, recall sebesar 0,86, presisi sebesar 0,88, f1-score sebesar 0,86, dan AUC sebesar 0,9561. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi institusi pendidikan dalam meningkatkan proses evaluasi akademik berbasis data. Penelitian ini dapat digunakan untuk dataset lain dan menerapkan algoritma canggih seperti deep learning.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Marco, Robert
Uncontrolled Keywords: Performa Akademik Siswa, K-Nearest Neighbors, Support Vector Machine, Random Forest, dan Extreme Gradient Boost
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:52
Last Modified: 13 Aug 2025 07:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30341

Actions (login required)

View Item View Item