GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF DAN MEMBACA UNTUK ANAK USIA BALITA BERBASIS ANDROID

Yustitiani, Rahmatika (2025) GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF DAN MEMBACA UNTUK ANAK USIA BALITA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (781kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4061.zip
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)

Abstract

Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi anak sebagai fondasi utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Game Edukasi Pengenalan Huruf dan Membaca Untuk Anak Usia Balita Berbasis Android untuk membantu anak-anak mengenal huruf dan belajar membaca secara interaktif dan menyenangkan. Game ini dirancang menggunakan perangkat lunak Construct 2, dilengkapi dengan fitur menarik seperti animasi, suara, dan permainan edukasi untuk meningkatkan minat belajar. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahap: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Game ini menyediakan fitur pengenalan huruf serta permainan menyusun huruf menjadi kata dengan tema nama-nama buah, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif. Penelitian ini juga menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan seorang guru TK Islam Tunas Melati untuk memahami kendala dalam proses belajar membaca anak usia balita. Hasil wawancara menunjukkan bahwa anak-anak membutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif agar lebih termotivasi dalam belajar membaca. Setelah pengembangan game selesai, dilakukan uji alpha untuk mengevaluasi fungsionalitas dan kualitas game. Hasil uji alpha menunjukkan bahwa semua fitur dalam game berfungsi dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil penelitian kuantitatif juga membuktikan bahwa game ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat serta kemampuan membaca anak usia balita. Dengan demikian, game ini memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Asharudin, Firman
Uncontrolled Keywords: Literasi Anak, Huruf, Membaca, Android, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:13
Last Modified: 13 Aug 2025 07:13
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30332

Actions (login required)

View Item View Item