PEMBAHASAN PEMBUATAN ASSET DESAIN DARI GAME "NEUTROPHIL 2.0: MICROBE MAYHEM!" MENGGUNAKAN TEKNIK ANIMASI FRAME BY FRAME

Nugrahanto, Christoforus Tadeus Magnifico Prajna (2024) PEMBAHASAN PEMBUATAN ASSET DESAIN DARI GAME "NEUTROPHIL 2.0: MICROBE MAYHEM!" MENGGUNAKAN TEKNIK ANIMASI FRAME BY FRAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1094.zip
Restricted to Repository staff only

Download (111MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)

Abstract

Game merupakan salah satu media interaktif yang digemari oleh banyak orang, serta dapat digunakan sebagai media untuk mempelajari sesuatu dengan lebih menyenangkan. Dalam sebuah game tentunya perlu adanya sebuah asset desain yang dibutuhkan untuk memvisualisasikan segala macam kebutuhan yang diperlukan di dalam game, seperti cerita, UI, animasi, gameplay, environment.. Game berjudul “Neutrophil 2.0: Microbe Mayhem!” adalah sebuah game bergenre hack and slash dengan tema kesehatan yang membahas tentang bagaimana sel darah putih Neutrophil membunuh jamur, bakteri, dan virus di dalam tubuh menggunakan visualisasi karakter menyerupai manusia dan monster. Dalam game “Neutrophil 2.0: Microbe Mayhem!” ini, asset desain yang digunakan berupa asset 2D dengan animasi yang digambarkan menggunakan teknik animasi frame by frame dengan aplikasi Toon Boom Harmony 17 Premium. Teknik animasi ini digunakan agar dapat memvisualisasikan kejadian yang ada di dalam tubuh sesuai dengan konsep game, serta dapat menyesuaikan kecepatan gerakan dengan jumlah frame yang diinginkan. Penelitian ini menghasilkan 6 buah karakter dengan 32 gerakan aksi. Asset desain tersebut dilakukan alpha test untuk menguji kebutuhan nonfungsional, dan dilakukan beta test kepada ahli dan responden umum untuk menilai kualitas asset desain berdasarkan sudut pandang publik. Didapatkan hasil uji validasi ahli sebesar 74.66% dan uji validasi responden umum sebesar 87.01%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Asset Desain, Animasi, Game, Neutrophil 2.0: Microbe Mayhem, Frame by Frame
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Aug 2025 04:42
Last Modified: 13 Aug 2025 04:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30321

Actions (login required)

View Item View Item