Nugrahanto, Christoforus Tadeus Magnifico Prajna (2024) PEMBAHASAN PEMBUATAN ASSET DESAIN DARI GAME "NEUTROPHIL 2.0: MICROBE MAYHEM!" MENGGUNAKAN TEKNIK ANIMASI FRAME BY FRAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.82.1094.zip Restricted to Repository staff only Download (111MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) |
Abstract
Game merupakan salah satu media interaktif yang digemari oleh banyak orang, serta dapat digunakan sebagai media untuk mempelajari sesuatu dengan lebih menyenangkan. Dalam sebuah game tentunya perlu adanya sebuah asset desain yang dibutuhkan untuk memvisualisasikan segala macam kebutuhan yang diperlukan di dalam game, seperti cerita, UI, animasi, gameplay, environment.. Game berjudul “Neutrophil 2.0: Microbe Mayhem!” adalah sebuah game bergenre hack and slash dengan tema kesehatan yang membahas tentang bagaimana sel darah putih Neutrophil membunuh jamur, bakteri, dan virus di dalam tubuh menggunakan visualisasi karakter menyerupai manusia dan monster. Dalam game “Neutrophil 2.0: Microbe Mayhem!” ini, asset desain yang digunakan berupa asset 2D dengan animasi yang digambarkan menggunakan teknik animasi frame by frame dengan aplikasi Toon Boom Harmony 17 Premium. Teknik animasi ini digunakan agar dapat memvisualisasikan kejadian yang ada di dalam tubuh sesuai dengan konsep game, serta dapat menyesuaikan kecepatan gerakan dengan jumlah frame yang diinginkan. Penelitian ini menghasilkan 6 buah karakter dengan 32 gerakan aksi. Asset desain tersebut dilakukan alpha test untuk menguji kebutuhan nonfungsional, dan dilakukan beta test kepada ahli dan responden umum untuk menilai kualitas asset desain berdasarkan sudut pandang publik. Didapatkan hasil uji validasi ahli sebesar 74.66% dan uji validasi responden umum sebesar 87.01%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Asset Desain, Animasi, Game, Neutrophil 2.0: Microbe Mayhem, Frame by Frame | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:42 | ||
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:42 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |