{JALUR REGULER PROFESIONAL} PERANCANGAN SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BIOFILIK DI KECAMATAN NGEMPLAK

Naila, Amanda Alifia (2025) {JALUR REGULER PROFESIONAL} PERANCANGAN SEKOLAH ALAM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR BIOFILIK DI KECAMATAN NGEMPLAK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Naskah Lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permukaan suhu bumi semakin mneingkat seiring berjalannya waktu. Hal itu disebabkan oleh pemanasan global yang tak kunjung mereda. Banyak orang yang tidak sadar akan pentingnya hal ini. Maka dari itu, untuk menumbuhkan kesadaran manusia sebaiknya dilakukan sedini mungkin dengan membentuk pembelajaran yang terikat dengan lingkungan salah satunya dengan sekolah alam. Tempat untuk membangun sekolah alam dalam lingkup Sekolah Dasar (SD) ini berlokasi di Jl. Sempu, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY. Alasan membangun sekolah alam di tempat tersebut karena untuk membantu masyarakat setempat agar terbentuk rasa peduli terhadap alam yang sudah mulai kritis. Dengan menggunakan konsep arsitektur biofilik. Arsitektur biofilik merupakan konsep yang menghubungkan manusia dengan alam secara harmonis. Dan dengan menerapkan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan sekolah alam, diharapkan dapat meningkatkan kreativitas, ketenangan dan rasa peduli akan lingkungan. Konsep arsitektur biofilik meiliki 14 konsep yang akan diterapkan di dalam konsep tapak, ruang, gubahan massa dan tampolan, struktur dan utilitas yang ada di bangunan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Suprapto, Rhisa Aidilla
Uncontrolled Keywords: Sekolah, Alam, Biofilik, Arsitektur
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 720 Arsitektur > 720 Arsitektur
Divisions: Fakultas Sains & Teknologi > Arsitektur
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:23
Last Modified: 13 Aug 2025 02:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30299

Actions (login required)

View Item View Item