Chandra, Bertrand Adisena (2025) PERANCANGAN ANIMASI 2D UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP BAHAYA CYBERBULLYING DI KALANGAN REMAJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 18.12.0756.zip Restricted to Repository staff only Download (143MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) |
Abstract
Cyberbullying adalah kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh individu atau kelompok terhadap orang lain di media sosial. Dan bentuk cyberbullying sangat beragam mulai dari memberi ancaman melalui media sosial, mengolok-olok, melecehkan dan menyebarkan informasi palsu. Perbuatan cyberbullying dapat memberikan dampak negatif kepada korban, khususnya para remaja yang merupakan kelompok yang mendominasi sosial media. Dampaknya dapat mengakibatkan rendahnya kepercayaan diri, malas bersosialisasi, depresi, hingga bunuh diri. Oleh karena itu, perkembangan remaja perlu dijaga dan juga diperhatikan oleh tiap individu. Skripsi ini bertujuan untuk merancang animasi 2D sebagai media pembelajaran guna meningkatkan pemahaman remaja tentang bahaya cyberbullying. Cyberbullying telah menjadi salah satu isu sosial yang berkembang pesat seiring dengan penggunaan teknologi informasi, terutama di kalangan remaja. Banyak remaja yang belum sepenuhnya memahami dampak negatif dari perilaku bullying di dunia maya, sehingga dibutuhkan sebuah pendekatan edukasi yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang fokus pada pemahaman pengalaman individu dan kelompok terkait. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk menggali lebih dalam tentang persepsi remaja terhadap cyberbullying dan bagaimana animasi 2D dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman mereka. Dalam penelitian ini, desain animasi 2D dirancang dengan mempertimbangkan elemen-elemen visual yang menarik dan mudah dipahami oleh remaja. Melalui pengujian terhadap audiens remaja, diharapkan dapat ditemukan bukti empiris bahwa penggunaan media animasi dapat mempermudah pemahaman remaja terhadap pentingnya mencegah cyberbullying. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan media edukasi yang inovatif, khususnya dalam bentuk animasi, untuk meningkatkan kesadaran remaja tentang bahaya cyberbullying serta cara-cara untuk menghindarinya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Animasi 2D. Desain Karakter, Bullying, Dampak Bullying, Perkembangan Remaja | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Aug 2025 03:59 | ||
Last Modified: | 12 Aug 2025 03:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |