Purwanto, Dimas Yudistira (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI PUZZLE PENYELAMATAN HUTAN AJAIB UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (764kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2035.zip Restricted to Repository staff only Download (151MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran krusial dalam menciptakan lingkungan dan pengalaman belajar yang mendukung perkembangan siswa. Seiring dengan era Society 5.0, kemajuan teknologi mendorong inovasi dalam dunia pendidikan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, salah satunya melalui pengembangan game edukasi 2D berbasis quiz dan puzzle. Game ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana untuk memperluas wawasan siswa. Namun, banyak guru masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan media pembelajaran yang menarik, yang berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Kurangnya interaksi yang efektif antara siswa dan materi pelajaran menjadi salah satu kendala dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasinya, diperlukan evaluasi menggunakan metode blackbox dan kuisioner guna menilai efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Game edukasi interaktif dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami materi secara lebih menarik dan dinamis. Selain itu, integrasi unsur permainan dalam media pembelajaran memungkinkan siswa lebih aktif mengeksplorasi materi yang diajarkan. Pengembangan media ini berfokus pada penyajian pengalaman belajar yang menyenangkan tanpa mengesampingkan nilai edukatif. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa lebih termotivasi serta mampu memahami materi dengan lebih baik dan efektif
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Pendidikan, Integrasi Society 5.0, Media Pembelajaran Berbasis Permainan, Inovasi Pendidikan Interaktif, Metodologi Pengujian Blackbox | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:21 | ||
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:51 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |