Trilaksana, Yohanes Saputra (2025) PERANCANGAN UI/UX WEBSITE MUSEUM SANDI BERBASIS METODE DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (963kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2001.zip Restricted to Repository staff only Download (44MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Museum Sandi merupakan satu-satunya museum persandian di Indonesia dan salah satu dari tiga museum serupa di dunia, yang berperan penting dalam pelestarian sejarah dan ilmu kriptografi. Namun, museum ini belum memiliki platform digital yang optimal untuk menyampaikan informasi secara komprehensif kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX) website Museum Sandi untuk meningkatkan aksesbilitas informasi dan daya tarik edukatif museum melalui media digital. Perancangan dilakukan menggunakan metode Design Thinking, yang memiliki lima tahapan : Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi dari perancangan website Museum Sandi. Implementasi website Museum Sandi adalah hasil dari prototype yang telah diuji menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan mendapatkan hasil positif pada aspek daya tarik, efisiensi, kejelasan, dan stimulasi, meskipun terdapat aspek yang masih dapat dikembangkan lebih lanjut. Perancangan ini diharapkan mampu mendukung Museum Sandi sebagai pusat edukasi sejarah dan kriptografi yang mudah diakses oleh masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Desain UI/UX, Design Thinking, Museum Sandi, Pengalaman Pengguna, Desain Website | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:03 | ||
Last Modified: | 16 Jul 2025 08:03 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |