PERANCANGAN UI/UX WEBSITE MUSEUM SANDI BERBASIS METODE DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA

Trilaksana, Yohanes Saputra (2025) PERANCANGAN UI/UX WEBSITE MUSEUM SANDI BERBASIS METODE DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN PENGALAMAN PENGGUNA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (963kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2001.zip
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Museum Sandi merupakan satu-satunya museum persandian di Indonesia dan salah satu dari tiga museum serupa di dunia, yang berperan penting dalam pelestarian sejarah dan ilmu kriptografi. Namun, museum ini belum memiliki platform digital yang optimal untuk menyampaikan informasi secara komprehensif kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX) website Museum Sandi untuk meningkatkan aksesbilitas informasi dan daya tarik edukatif museum melalui media digital. Perancangan dilakukan menggunakan metode Design Thinking, yang memiliki lima tahapan : Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi dari perancangan website Museum Sandi. Implementasi website Museum Sandi adalah hasil dari prototype yang telah diuji menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) dan mendapatkan hasil positif pada aspek daya tarik, efisiensi, kejelasan, dan stimulasi, meskipun terdapat aspek yang masih dapat dikembangkan lebih lanjut. Perancangan ini diharapkan mampu mendukung Museum Sandi sebagai pusat edukasi sejarah dan kriptografi yang mudah diakses oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Widjiyati, Nur
Uncontrolled Keywords: Desain UI/UX, Design Thinking, Museum Sandi, Pengalaman Pengguna, Desain Website
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:03
Last Modified: 16 Jul 2025 08:03
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30168

Actions (login required)

View Item View Item