PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TENTANG RAMBU LALU LINTAS UNTUK ICE BREAKING PADA SISWA DAN SISWI DI MI ANNUUR

Mu'arif, Zidan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TENTANG RAMBU LALU LINTAS UNTUK ICE BREAKING PADA SISWA DAN SISWI DI MI ANNUUR. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.12.2020.zip
Restricted to Repository staff only

Download (2kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permainan edukasi rambu lalu lintas menghadirkan pengalaman belajar yang menarik dengan mengintegrasikan teknologi AR (Augmented Reality). Permainan ini dirancang sebagai metode pembelajaran sekaligus ice breaking di dalam kelas, khususnya bagi siswa sekolah dasar yang belum cukup umur untuk mengendarai kendaraan bermotor. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang rambu-rambu lalu lintas melalui interaksi langsung dengan objek 3D dan animasi yang telah disiapkan.Saat ini, banyak anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan bermotor tanpa memahami aturan dan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Kurangnya edukasi membuat mereka tidak mengetahui peraturan dan rambu-rambu lalu lintas. Permainan ini menawarkan aktivitas edukasi, seperti mengenali dan memahami rambu-rambu lalu lintas, serta menyajikan animasi sederhana tentang penempatan rambu di jalan. Dengan memadukan pembelajaran dan permainan, siswa mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan relevan. Permainan berbasis AR ( Augmented Reality ) ini diharapkan menjadi media pembelajaran yang efektif, menarik, serta dapat meningkatkan kesadaran akan keselamatan dan peraturan lalu lintas sejak dini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Andriani, Ria
Uncontrolled Keywords: AR ( Augmented Reality ), Ice Breaking, 3D, Animasi, Rambu Lalu Lintas, dan Permainan Edukasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:43
Last Modified: 16 Jul 2025 07:43
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30162

Actions (login required)

View Item View Item