PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI MOBILE CLIC-ON MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Nugraha, Ardiyan Rizki (2025) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI MOBILE CLIC-ON MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4275.zip
Restricted to Repository staff only

Download (89MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia yang mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan. Literasi kesehatan yang baik sangat diperlukan agar individu dapat membuat keputusan yang tepat terkait kesehatan mereka. Namun, di Indonesia meskipun terdapat peningkatan dalam berbagai indikator kesehatan, tingkat literasi kesehatan masyarakat masih tergolong rendah. Hal ini menjadi tantangan yang perlu diatasi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai isu-isu kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Design Thinking dalam merancang Prototype aplikasi mobile Clic-On yang bertujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan masyarakat. Metodologi Design Thinking diterapkan melalui lima tahapan utama yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Peneliti melakukan observasi dan wawancara terhadap target pengguna untuk menggali kebutuhan dan permasalahan mereka, yang kemudian diterjemahkan ke dalam rancangan User Interface dan User Experience berbasis solusi digital. Hasil akhir dari penelitian ini berupa sebuah prototype aplikasi edukasi kesehatan yang telah diuji dengan metode System Usability Scale (SUS) dan menunjukkan tingkat penerimaan dan kemudahan penggunaan yang tinggi dari responden. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan solusi digital berbasis pengguna di bidang kesehatan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Penelitian lanjutan direkomendasikan untuk mengembangkan fungsionalitas aplikasi dan melakukan pengujian lebih luas guna meningkatkan efektivitas pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aziza, Rifda Faticha Alfa
Uncontrolled Keywords: UI/UX, Design Thinking, Aplikasi Mobile, Literasi Kesehatan, Usability Testing
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:18
Last Modified: 16 Jul 2025 07:22
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30149

Actions (login required)

View Item View Item