PREDIKSI HASIL PERTANDINGAN MOBILE LEGENDS MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE

Apiliawan, Valen Achmad (2025) PREDIKSI HASIL PERTANDINGAN MOBILE LEGENDS MENGGUNAKAN ALGORITMA DECISION TREE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4370.zip
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)

Abstract

Mobile Legends merupakan permainan (MOBA) yang sangat populer dan memiliki jumlah pemain yang sangat besar. Hasil dari pertandingan dalam permainan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti keterampilan pemain, strategi yang digunakan, pemilihan hero, serta kerja sama tim. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan model prediksi yang dapat memberikan gambaran kemungkinan hasil pertandingan berdasarkan data yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model prediksi hasil pertandingan menggunakan algoritma Decision Tree, yang merupakan salah satu algoritma dalam machine learning yang cocok untuk klasifikasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi berbagai variabel seperti hero yang dipilih oleh pemain, presentase kemenangan rata-rata masing-masing tim, dan jumlah pertandingan yang sudah dimainkan oleh masing-masing tim yang dapat mempengaruhi hasil pertandingan. Langkah-langkah penelitian meliputi prapemrosesan data, seleksi fitur dengan Chi-Square dan RFE, serta tuning hyperparameter menggunakan GridSearchCV. Evaluasi dilakukan dengan cross-validation 5 fold untuk mengukur akurasi dan recall. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan tanpa menggunakan fitur ekstraksi dan seleksi fitur menghasilkan akurasi tertinggi sebesar 98% dengan cross-validation 95,50%, lebih baik dibandingkan berbagai pendekatan penelitian yang sudah dilakukan. Hal ini membuktikan, model tanpa ekstraksi dan seleksi fitur lebih mampu mengenali pola data dan menghasilkan prediksi yang lebih akurat. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam mengenai penerapan algoritma Decision Tree pada masalah prediksi dalam bidang game, khususnya dalam permainan Mobile Legends.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Baita, Anna
Uncontrolled Keywords: GridSearchCV , Chi-Square, Mobile Legends, Decision Tree, RFE
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:01
Last Modified: 16 Jul 2025 04:01
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30147

Actions (login required)

View Item View Item