PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM MERANCANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI EDUKASI BUDIDAYA MELON

Fathoni, Auliya Rois (2025) PENERAPAN METODE DESIGN THINKING DALAM MERANCANG USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI EDUKASI BUDIDAYA MELON. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4457.zip
Restricted to Repository staff only

Download (129MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Budidaya melon merupakan kegiatan pertanian yang menjanjikan, namun tidak lepas dari berbagai tantangan seperti biaya perawatan yang tinggi, perubahan iklim, keterbatasan akses informasi, serta rendahnya pemanfaatan teknologi digital oleh petani pemula. Hal ini berdampak pada kurang optimalnya proses pembelajaran budidaya yang efisien dan berkelanjutan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan media edukasi digital yang interaktif, informatif, dan mudah digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan petani pemula, yang kemudian digunakan untuk merancang antarmuka dan pengalaman pengguna aplikasi edukasi budidaya melon berbasis mobile menggunakan alat bantu Figma. Uji coba prototipe dilakukan dengan metode System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan nilai SUS sebesar 74,5 yang tergolong baik. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu petani pemula dalam memahami proses budidaya melon secara digital dan menjadi solusi pembelajaran yang efektif di bidang pertanian.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, UI/UX, Aplikasi Edukasi, Budidaya Melon, Usability
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:32
Last Modified: 16 Jul 2025 07:09
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30141

Actions (login required)

View Item View Item