IMPLEMENTASI TEKNIK VISUAL EFFECT ROTOSCOPING PADA IKLAN NASI BAKAR KEDAI SRAWUNG

Aji, Abiyasa Raksaka (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK VISUAL EFFECT ROTOSCOPING PADA IKLAN NASI BAKAR KEDAI SRAWUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0934.zip
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)

Abstract

Kedai Srawung 783 adalah rumah makan yang berlokasi di Jalan Demakan Baru, Kec. Tegalrejo, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat berbagai macam produk yang dipasarkan oleh Kedai Srawung 783, antara lain minuman, aneka sate, ayam goreng, nasi kucing, dan yang menjadi menu andalannya adalah nasi bakar. Akan tetapi, hanya dengan mengandalkan banyaknya produk yang ditawarkan oleh Kedai Srawung 783 masih belum cukup untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk tersebut. Hal ini disebabkan oleh kurangnya Kedai Srawung 783 dalam mempromosikan produknya di media sosial. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis bertujuan untuk membuat iklan Nasi Bakar Kedai Srawung dengan menerapkan teknik Visual Effect menggunakan Adobe After Effects. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis langkah-langkah yang diperlukan dalam pembuatan video iklan, mulai dari perencanaan hingga produksi akhir. Teknik Rotoscoping digunakan untuk memisahkan object dari background yang terdapat di footage asli, sedangkan teknik Motion Graphic digunakan untuk menambahkan elemen grafis dan animasi yang akan memperkaya konten video iklan. Penggunaan efek transisi yang mulus, animasi grafis yang dinamis, dan penyesuaian warna yang cermat akan meningkatkan daya tarik iklan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana teknik Rotoscoping dan Motion Graphic dapat digunakan untuk menciptakan video iklan yang efektif dan memikat. Pada penelitian ini, penerapan teknik Rotoscoping dan Motion Graphic menghasilkan video iklan Nasi Bakar Kedai Srawung. Video iklan tersebut kemudian diujikan pada masyarakat umum dan ahli multimeida melalui kuesioner dengan metode pengukuran Skala Likert, sehingga hasil yang diperoleh sebesar 87,42% dan 81,9% dengan kategori sangat setuju dan setuju.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Haryoko, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Kedai Srawung, Adobe After Effect, Iklan, Rotoscoping, Motion Graphic.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:23
Last Modified: 16 Jul 2025 06:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30124

Actions (login required)

View Item View Item