Aji, Abiyasa Raksaka (2025) IMPLEMENTASI TEKNIK VISUAL EFFECT ROTOSCOPING PADA IKLAN NASI BAKAR KEDAI SRAWUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (874kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 20.82.0934.zip Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) |
Abstract
Kedai Srawung 783 adalah rumah makan yang berlokasi di Jalan Demakan Baru, Kec. Tegalrejo, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat berbagai macam produk yang dipasarkan oleh Kedai Srawung 783, antara lain minuman, aneka sate, ayam goreng, nasi kucing, dan yang menjadi menu andalannya adalah nasi bakar. Akan tetapi, hanya dengan mengandalkan banyaknya produk yang ditawarkan oleh Kedai Srawung 783 masih belum cukup untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk tersebut. Hal ini disebabkan oleh kurangnya Kedai Srawung 783 dalam mempromosikan produknya di media sosial. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis bertujuan untuk membuat iklan Nasi Bakar Kedai Srawung dengan menerapkan teknik Visual Effect menggunakan Adobe After Effects. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis langkah-langkah yang diperlukan dalam pembuatan video iklan, mulai dari perencanaan hingga produksi akhir. Teknik Rotoscoping digunakan untuk memisahkan object dari background yang terdapat di footage asli, sedangkan teknik Motion Graphic digunakan untuk menambahkan elemen grafis dan animasi yang akan memperkaya konten video iklan. Penggunaan efek transisi yang mulus, animasi grafis yang dinamis, dan penyesuaian warna yang cermat akan meningkatkan daya tarik iklan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana teknik Rotoscoping dan Motion Graphic dapat digunakan untuk menciptakan video iklan yang efektif dan memikat. Pada penelitian ini, penerapan teknik Rotoscoping dan Motion Graphic menghasilkan video iklan Nasi Bakar Kedai Srawung. Video iklan tersebut kemudian diujikan pada masyarakat umum dan ahli multimeida melalui kuesioner dengan metode pengukuran Skala Likert, sehingga hasil yang diperoleh sebesar 87,42% dan 81,9% dengan kategori sangat setuju dan setuju.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Kedai Srawung, Adobe After Effect, Iklan, Rotoscoping, Motion Graphic. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:23 | ||
Last Modified: | 16 Jul 2025 06:26 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |