PENGGUNAAN APLIKASI PLN MOBILE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN DI PLN UP3 SALATIGA

Farhan, Muhammad (2025) PENGGUNAAN APLIKASI PLN MOBILE SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DIGITAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN DI PLN UP3 SALATIGA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi PLN Mobile sebagai sarana komunikasi digital dalam meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan di PLN UP3 Salatiga. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma interpretif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pihak internal PLN dan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek fasilitas pelayanan, PLN Mobile telah menyediakan fitur-fitur yang lengkap dan inovatif seperti pengaduan gangguan, SWACAM, dan histori token. Dari aspek waktu pelayanan, PLN Mobile mampu memberikan respon cepat, dengan rata-rata waktu penyelesaian keluhan berkisar 22 menit hingga 1 jam. Sedangkan pada aspek biaya pelayanan, sebagian besar layanan seperti pengaduan dan pemantauan gangguan listrik tidak dikenakan biaya alias gratis. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi PLN Mobile berkontribusi positif terhadap penerapan prinsip good governance di bidang pelayanan publik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa'adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Digital, Aplikasi PLN Mobile, Good Governance, Kualitas Pelayanan Pelanggan, PLN Mobile
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:45
Last Modified: 10 Jul 2025 07:45
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/30059

Actions (login required)

View Item View Item