IMPLEMENTASI MACHINE LEARNING UNTUK PREDIKSI EMISI CO2 DI KANADA

Miqoilla, Muhammad Daffa (2025) IMPLEMENTASI MACHINE LEARNING UNTUK PREDIKSI EMISI CO2 DI KANADA. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4857.zip
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perubahan iklim menjadi masalah lingkungan yang serius akibat peningkatan gas rumah kaca, terutama karbon dioksida (CO₂). Pada tahun 2023, sektor transportasi di Kanada menyumbang sekitar 23% dari total emisi gas rumah kaca nasional, yaitu sekitar 157 megaton CO₂ ekuivalen. Emisi ini banyak berasal dari kendaraan berbahan bakar fosil dan berdampak langsung pada pemanasan global serta kerusakan lingkungan. Karena itu, diperlukan sistem yang dapat membantu memprediksi emisi kendaraan agar dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan dan kebijakan pengurangan emisi karbon. Penelitian ini menggunakan pendekatan CRISP-DM untuk membangun model prediksi emisi CO₂ kendaraan berbasis machine learning. Tujuh algoritma regresi yang digunakan adalah Linear Regression, Ridge Regression, Random Forest, Gradient Boosting, Support Vector Regression (SVR), K-Nearest Neighbor (KNN), dan Neural Network. Dataset diperoleh dari Open Government Canada melalui Kaggle, terdiri dari 7.385 data kendaraan. Proses penelitian meliputi preprocessing data, eksplorasi fitur, pelatihan model, evaluasi menggunakan metrik R², MAE, RMSE, dan MAPE, serta tuning hyperparameter untuk meningkatkan performa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Random Forest menghasilkan performa terbaik dengan nilai R² sebesar 0,9982 dan RMSE sebesar 2,49 g/km. Fitur paling berpengaruh adalah konsumsi bahan bakar kombinasi (L/100 km). Model ini diimplementasikan dalam aplikasi web berbasis Streamlit yang dapat dimanfaatkan oleh konsumen, produsen kendaraan, dan pembuat kebijakan. Ke depan, sistem ini bisa dikembangkan dengan data kendaraan listrik, hybrid, dan hidrogen, serta mempertimbangkan pola berkendara dan kondisi cuaca.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Satya, Barka
Uncontrolled Keywords: Emisi Karbon, Machine Learning, CRISP-DM, Transportasi, Streamlit
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:43
Last Modified: 25 Jun 2025 04:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29935

Actions (login required)

View Item View Item