PEMBUATAN ANIMASI 2D BAHAYA MINUMAN KEMASAN TERHADAP KESEHATAN GINJAL DENGAN TEKNIK CUT-OUT

Hidayah, Annisaa Amri (2025) PEMBUATAN ANIMASI 2D BAHAYA MINUMAN KEMASAN TERHADAP KESEHATAN GINJAL DENGAN TEKNIK CUT-OUT. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4802.zip
Restricted to Repository staff only

Download (160MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)

Abstract

Meningkatnya tren konsumsi minuman kemasan di kalangan remaja menjadi perhatian serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Rendahnya kesadaran remaja terhadap bahaya minuman tersebut menunjukkan perlunya media edukasi yang menarik, relevan, dan sesuai dengan gaya komunikasi generasi muda. Oleh karena itu, dibuatlah animasi edukatif yang bertujuan menyampaikan pesan kesehatan secara visual dan informatif. Pembuatan animasi dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan, yaitu konseptualisasi, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Animasi dibuat dengan teknik 2D cut-out untuk menghasilkan gerakan visual yang sederhana namun tetap komunikatif. Perangkat lunak yang digunakan dalam proses produksi mencakup Adobe Illustrator untuk pembuatan aset visual, Adobe After Effects untuk animasi, serta CapCut sebagai perangkat lunak penyunting akhir sebelum distribusi. Animasi yang telah selesai disebarluaskan melalui platform TikTok untuk menjangkau sasaran remaja usia 15–21 tahun. Pengujian dilakukan untuk mengukur kejelasan pesan dan efektivitas penyampaian informasi. Hasil menunjukkan bahwa animasi ini efektif sebagai media edukasi dalam meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya gaya hidup sehat, khususnya terkait konsumsi minuman kemasan.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Ramadhani, Surya Tri Atmaja
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Cut-Out, Edukasi Kesehatan, Remaja, Minuman Kemasan, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:20
Last Modified: 25 Jun 2025 03:20
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29932

Actions (login required)

View Item View Item