Hidayah, Annisaa Amri (2025) PEMBUATAN ANIMASI 2D BAHAYA MINUMAN KEMASAN TERHADAP KESEHATAN GINJAL DENGAN TEKNIK CUT-OUT. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 22.01.4802.zip Restricted to Repository staff only Download (160MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
Abstract
Meningkatnya tren konsumsi minuman kemasan di kalangan remaja menjadi perhatian serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Rendahnya kesadaran remaja terhadap bahaya minuman tersebut menunjukkan perlunya media edukasi yang menarik, relevan, dan sesuai dengan gaya komunikasi generasi muda. Oleh karena itu, dibuatlah animasi edukatif yang bertujuan menyampaikan pesan kesehatan secara visual dan informatif. Pembuatan animasi dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan, yaitu konseptualisasi, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Animasi dibuat dengan teknik 2D cut-out untuk menghasilkan gerakan visual yang sederhana namun tetap komunikatif. Perangkat lunak yang digunakan dalam proses produksi mencakup Adobe Illustrator untuk pembuatan aset visual, Adobe After Effects untuk animasi, serta CapCut sebagai perangkat lunak penyunting akhir sebelum distribusi. Animasi yang telah selesai disebarluaskan melalui platform TikTok untuk menjangkau sasaran remaja usia 15–21 tahun. Pengujian dilakukan untuk mengukur kejelasan pesan dan efektivitas penyampaian informasi. Hasil menunjukkan bahwa animasi ini efektif sebagai media edukasi dalam meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya gaya hidup sehat, khususnya terkait konsumsi minuman kemasan.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Cut-Out, Edukasi Kesehatan, Remaja, Minuman Kemasan, MDLC | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:20 | ||
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:20 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/29932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |